VOKASI UNAIR

Tanamkan Minat Baca Anak melalui Implementasi Program di Kebun Literasi (KELI)

VOKASI NEWS – Di tengah kondisi yang memprihatinkan tentang minat baca masyarakat Indonesia, sebuah program bernama Kebun Literasi (KELI) mencoba untuk memberikan solusinya. Berdasarkan data UNESCO, hanya 0,001% atau satu dari seribu orang Indonesia yang rajin membaca. Hal ini menuntut pemerintah dan masyarakat untuk bergerak bersama dalam meningkatkan minat baca.

Kenali Kebun Literasi (KELI)

Kebun Literasi adalah program yang dirancang oleh Dessy Harisanty, S.Sos., M.A., (KPS D3 Perpustakaan) dan putrinya Ken Martha Akeela El Jati (Finalis Putri Lingkungan Hidup 2023). KELI adalah ruang inspiratif yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak, meningkatkan kreativitas, mengembangkan pengetahuan, serta melatih literasi. Selain itu, KELI juga berusaha memberikan manfaat perkembangan intelektual sosial pada anak-anak.

KELEBAK (Kenali Lebih Banyak Kata

KELEBAK adalah program yang dibuat oleh kelompok 10 Mahasiswa D3 Perpustakaan. Program ini membahas tentang Permainan Tradisional, sebuah tema yang dipilih karena permainan ini kini mulai redup di kalangan generasi Z.

Permainan tradisional seperti enggrang, engklek, lompat tali, dan congklak dipilih untuk melatih daya ingat, memperbanyak kosakata, meningkatkan kreativitas, melatih kerja sama, dan juga mempromosikan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam permainan tersebut.

Program KELEBAK dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2023. Selain penyampaian materi tentang permainan tradisional, ada juga aktivitas lain seperti quiz tanya jawab, lomba mewarnai, dan pengisian kuisioner atau wawancara. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

Anak-anak tampak sangat antusias mengikuti program ini yang berlangsung setiap minggunya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi Kebun Literasi (KELI) di Jl. Mojo Klanggru 2/2 setiap Jumat pukul 18.30 – 20.00 WIB dan ikuti program-program menarik yang ada!

Penulis: Dwi Aprilia Lestari

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah – Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!