VOKASI UNAIR

Seminar Gerakan Vokasi: Peran Agent of Change Berkontribusi dalam Proses Politik untuk Kepentingan Masyarakat

VOKASI NEWS – Gerakan Vokasi (Gervoks) merupakan serangkaian acara seminar, talkshow dan perlombaan yang disertai pemanfaatan kompetisi. Seminar Gervoks bertujuan untuk meningkatkan kesadaran politik dengan membawakan dan melibatkan peran Mahasiswa secara aktif. Acara ini dilaksanakan oleh BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (BEM FV UNAIR) oleh Kementrian Sosial dan Politik. 

Acara ini megusung dari tema “Peran Mahasiswa dalam Reaktualisasi Asas Pemilu Guna Menghadapi Tahun Politik 2024” mencakup beberapa faktor yang relevan. Dalam konteks ini, seminar dan perlombaan seperti debat, esai, cipta, dan baca puisi dapat menjadi platform penting untuk membangun kesadaran politik dan menggali potensi serta peran Mahasiswa dalam mendorong pemahaman yang lebih baik tentang pemilu. 

Gerakan Vokasi disusun dari berbagai rangkaian kegiatan, diawali dengan registrasi peserta yang dimulai pada pukul 10.00 hingga 11.00. Kemudian peserta memasuki ruang yaitu Aula Gedung A Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Selama berlangsungnya kegiatan, disambut hangat Presiden BEM FV UNAIR. Setelah itu, hadir pula Irfan Basier S. Sosio dan Refi Ahmad Zuhair, orang-orang hebat ini adalah pembicara yang akan memberika pehamaman kepada audiens.

Gerakan Vokasi Ajak Agen Perubahan untuk Suarakan Demokrasi

Kegiatan tersebut menjelaskan bahwa Mahasiswa memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga dan memperkuat demokrasi. Sebagai agen perubahan sosial, Mahasiswa dapat berkontribusi dalam proses politik dengan menyuarakan kepentingan masyarakat, menganalisis isu-isu politik, dan berpartisipasi aktif dalam pemilihan umum. Dalam menghadapi tahun politik 2024, Mahasiswa dapat menjadi kekuatan yang mendorong perubahan positif dalam reaktualisasi asas politik. Dalam penjelasan materi kedua tersebut, Mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk menjadi tonggak perubahan dan simbol kemajuan menyalurkan keresahan dengan beberapa solusi yang diberikan dan dijelaskan oleh kedua pemateri dalam acara GERVOKS 2023 ini.

Dengan diadakannya acara Gerakan Vokasi yang mengusung tema tentang strategi dalam menyikapi suatu isu ataupun permasalahan diharapkan seluruh peserta yang hadir dalam acara tersebut mendapat pengetahuan yang akan menambah wawasan dan mengembangkan peran generasi muda yang kritis dan solutif terkait berbagai isu dan kebijakan yang ada di masa mendatang. 

Melalui seminar ini diharapkan Mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya pemilu yang demokratis. Lalu, peran aktif Mahasiswa dalam politik serta mengaktualisasikan asas-asas pemilu dalam konteks pemilihan umum yang akan datang. Tidak hanya itu, ilmu yang dapat menjadi acuan Mahasiswa yang kritis dalam menghadapi tahun politik di masa yang akan datang. 

Penulis : Diva A’iny Rahmatilla

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!