VOKASI UNAIR

Tim P2MD FITOSH K3 UNAIR Gandeng BPBD Kabupaten Gresik Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana

Tim P2MD gelar sosialisasi mitigasi bencana banjir

VOKASI NEWS – Tim P2MD FITOSH K3 Universitas Airlangga menggandeng BPBD Kabupaten Gresik dalam kegiatan THE DAY OF FITOSH.

THE DAY OF FITOSH merupakan rangkaian kegiatan P2MD K3 Universitas Airlangga yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Masyarakat Morowudi mengenai mitigasi bencana banjir. Kegiatan THE DAY OF FITOSH ini berupa sosialisasi mitigasi bencana banjir, roleplay tanggap darurat banjir serta pengadaan perlengkapan keselamatan dan kesehatan banjir.

Untuk mengukur pengetahuan masyarakat mengenai mitigasi bencana banjir, Tim FITOSH P2MD memberikan pretest dan post test kepada masyarakat.

Sosialisasi Mitigasi Bencana Banjir

Tim FITOSH P2MD bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Gresik sebagai narasumber mitigasi banjir. Masyarakat diberikan pengetahuan mengenai mitigasi bencana banjir dan upaya penyelamatan apabila terjadi banjir. Materi ini diberikan karena masih rendahnya pemahaman masyarakat mengenai mitigasi bencana banjir dan upaya penyelamatan yang tepat saat banjir.

Roleplay Tanggap Darurat Banjir

Kegiatan Roleplay ini merupakan salah satu cara agar masyarakat lebih memahami mengenai tanggap darurat bencana banjir yang tepat. Masyarakat bisa melihat secara langsung tata cara dan mempraktekkan sendiri bagaimana cara tanggap darurat yang benar. Salah satu contoh roleplay yang dilakukan yakni cara yang tepat memegang korban pada saat evakuasi. Roleplay ini sangat membantu masyarakat karena praktek lebih mudah diingat daripada teori semata.

Pengadaan Perlengkapan Keselamatan dan Kesehatan Banjir

Tim P2MD FITOSH memberikan life hack mitigation berupa tas untuk menyimpan barang berharga dan pengadaan perlengkapan keselamatan dan kesehatan. Untuk pengadaan perlengkapan dan kesehatan tersebut, nantinya dikelola oleh aparatur desa setempat. Pengadaan perlengkapan keselamatan banjir ini meliputi perahu karet yang telah kami serahkan pada Sabtu (18/11/2023) di Kantor Kepala Desa Morowudi. Tak hanya itu, Tim FITOSH juga memberikan perlengkapan kesehatan seperti obat – obatan berupa salep antijamur, minyak kayu putih, obat diare, dan lain sebagainnya.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!