VOKASI UNAIR

Bukti Kontribusi UNAIR, Tim P2MD FITOSH Selenggarakan REBOSH

Kegiatan REBOSH Tim P2MD di Desa Morowudi

VOKASI NEWS – REBOSH merupakan salah satu rangkaian kegiatan Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) HIMA K3 yang berjudul FITOSH (Flood Mitigation by Occupational Safety and Health) untuk Menciptakan Masyarakat Tanggap Darurat Banjir di Desa Morowudi Gresik.

Sabtu (16/09/2023) Tim P2MD HIMA K3 Universitas Airlangga telah melaksanakan kegiatan REBOSH (Reboisasi with Occupational Safety and Health). Kegiatan ini merupakan upaya preventif dalam menanggulangi bencana banjir dengan cara menambah daerah resapan air yang dilakukan dengan penanaman pohon. Penyebab banjir salah satunya yakni karena luapan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Lamong yang tidak diimbangi dengan resapan air yang baik.

Penanaman pohon ini dilakukan pada setiap dusun di Desa Morowudi dengan 2 jenis pohon yang berbeda yakni pohon mangga dan nangka. Pemilihan pohon dirasa sangat tepat dikarenakan memiliki karakteristik kokoh dan mempunyai akar banyak yang dapat menyerap air dengan maksimal. Tak hanya itu, buah yang dihasilkan dari pohon tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. 

Dalam melaksanakan kegiatan ini, Tim P2MD Universitas Airlangga mendapatkan support dari PT. PLN Nusantara Power dengan memberikan 100 pohon masing – masing pohon 50 buah. 100 pohon nangka dan mangga ini akan dibagikan kepada setiap dusun dengan jumlah pohon perdusunnya yakni 16 – 17 pohon.

Kegiatan REBOSH ini dihadiri oleh Kepala Desa Morowudi, Bapak M. Soleh S.Pd dan perwakilan warga setiap dusun. Penanaman pohon pertama kali dilakukan di depan Kantor Kepala Desa Morowudi dilanjutkan dengan penanaman di dusun masing – masing.

Dengan adanya kegiatan REBOSH ini diharapkan dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mencegah terjadinya bencana banjir di desa Morowudi. Selain itu, buahnya dapat menjadi sumber manfaat bagi masyarakat baik untuk dijual atau dimanfaatkan secara pribadi.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!