VOKASI UNAIR

NAWASENA 2023: Dies Natalis Teknologi Laboratorium Medik Tampil Beda Pada Tahun Ini

Nawasena 2023/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – NAWASENA 2023 Dies Natalis Teknologi Laboratorium Medik sukses digelar dengan konsep menarik dan berbeda dari tahun sebelumnya.

NAWASENA 2023 merupakan program kerja kolaborasi pertama antara Departemen SEGA (Sport, Entertainment, Games, and Art) dengan Departemen Kerohanian. Kedua departemen tersebut merupakan bagian dari HIMA D-IV Teknologi Laboratorium Medi

Dalam rangka memperingati Dies Natalis Teknologi Laboratorium Medik yang ke-48, HIMA D-IV TLM menyelenggarakan program kerja NAWASENA. Program kerja diisi oleh serangkaian kegiatan. Diantaranya ialah TLM Cup yang berisi lomba modern dance untuk siswa SMA sederajat, dan DINAMIS yang terdiri dari kegiatan Kajian Keagamaan, Teknologi Laboratorium Medik Festival, dan Closing Party.

Acara NAWASENA tahun ini mengusung tema “We Shine Bright in The Darkest of Night, Ready to Reach for The Stars with All Our Might.” Harapannya, program studi Teknologi Laboratorium Medik dapat terus bersinar dalam keadaan apapun.

Teknologi Laboratorium Medik Festival (TLM Fest) NAWASENA

Teknologi Laboratorium Medik Festival atau disingkat dengan TLM Fest ini merupakan rangkaian kegiatan pertama yang direalisasikan pada tanggal 14 Oktober 2023 dalam mempererat rasa kekeluargaan dan menjalin silaturahmi antara mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik. Acara yang bertepatan di Lahan Belakang Perpustakaan, Kampus B, Universitas Airlangga ini dilaksanakan pada hari Sabtu pukul 07.00 – 10.55 WIB. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan-sambutan yang diawali dari Muhammad Wahidin Fitri selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik. Kemudian dilanjut dengan sambutan dari Elza Deviyanti Putri sebagai Ketua Pelaksana NAWASENA 2023.

Usai sambutan, acara dilanjut dengan melakukan pemanasan berupa senam pagi sebagai langkah awal kegiatan. Setelah melakukan pemanasan, kegiatan lomba pun dimulai dengan membagi menjadi beberapa kelompok kecil. Antar kelompok saling bersaing di setiap perlombaan games untuk masuk ke babak penyisihan. Kemudian, kelompok yang berhasil lolos ke babak penyisihan akan dilombakan kembali untuk dapat memperebutkan posisi kejuaraan. Setelah mendapatkan calon juara, dilakukan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah yang kemudian dilanjut dengan sesi dokumentasi.

TLM Kajian NAWASENA

Hari kedua kegiatan NAWASENA, yaitu TLM Kajian Keagamaan diselenggarakan di Aula Moh. Hatta, Gedung Ex Pusba, Kampus B, Universitas Airlangga pada 27 Oktober 2023. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pembukaan Al-Banjari dari Nurussyafaah. Pada kesempatan kali ini, NAWASENA menghadirkan Ustadz Adri Suyanto yang membawakan tema “Growing Up Menjadi Seorang Muslim yang Baik”. Beliau menjelaskan bahwa menjadi seorang Muslim tidak hanya perlu rajin beribadah tapi juga perlu melakukan kebaikan dan menjauhi keburukan.

TLM CUP NAWASENA

TLM CUP merupakan sebuah kompetisi non-akademis berupa perlombaan sport berupa modern dance yang diperuntukkan bagi pelajar SMA/SMK sederajat. Kompetisi perlombaan ini diadakan pada tanggal 4 November 2023. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, TLM CUP 2023 ini baru pertama kali diadakan secara offline yang bertempat di Amphitheater, Kampus B, Universitas Airlangga.

Pada perlombaan kali ini, terdapat sebanyak 5 tim yang mendaftar dalam ajang TLM CUP 2023. Selama kegiatan dimulai, terjadi persaingan sengit antar peserta lomba dalam menampilkan dance terbaiknya. Para penonton pun ikut meramaikan dengan menyuarakan tim terbaik nya selama kegiatan perlombaan berlangsung. Usai seluruh peserta tampil, hal ini yang paling ditunggu-tunggu, yaitu penilaian dari juri-juri kepada masing-masing tim lomba. Adapun hasil akhir dari penilaian pada perlombaan kali ini sebagai berikut:

Juara 1: SMAN 8 Surabaya

Best Costume: SMAN 2 Lamongan

Dengan adanya perlombaan sport ini, program studi D-IV Teknologi Laboratorium Medik diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang sport, khususnya modern dance.

DINAMIS: CLOSING PARTY NAWASENA

Dalam rangka penutupan DINAMIS atau Dies Natalis Teknologi Laboratorium Medik yang ke-48, NAWASENA mengadakan Closing Party yang bertempat di Gedung Kuliah Bersama (GKB), Kampus C, Universitas Airlangga. Kegiatan terakhir ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik, dosen, tenaga pendidik, dan alumni. Pada kesempatan kali ini, DINAMIS menghadirkan juara 1 perlombaan modern dance TLM CUP 2023 sebagai tamu undangan untuk memeriahkan acara.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan-sambutan kepada Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik dan Ketua Pelaksana NAWASENA 2023. Sebagai acara memperingati ulang tahun Teknologi Laboratorium Medik, acara dilanjut dengan pemotongan tumpeng oleh dosen yang hadir pada acara DINAMIS 2023 ini, yaitu Ibu Nur Septia Handayani, S.KM., M.PH. Setelah itu, terdapat penampilan dance dari SMAN 8 Surabaya selaku pemenang juara 1 dalam perlombaan modern dance TLM CUP yang juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan NAWASENA 2023. Setelah penampilan dance yang memukau dari SMAN 8 Surabaya, seluruh peserta yang hadir dalam acara kali ini harus mengisi menfess. Kemudian, dilanjut dengan ice breaking berupa permainan games dan pembacaan menfess. Sebagai penutupan DINAMIS NAWASENA 2023 ini, menghadirkan “S Band” yang merupakan band internal dari mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik.

***

Penulis : Ruli Widasari

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!