VOKASI UNAIR

National Tourism Seminar 2023: SYMPOSIUM “Symphony of Some Aspect in Tourism”

Hima D3 Destinasi Pariwisata mengadakan National Tourism Seminar 2023 guna menambah wawasan tentang ilmu pariwisata di Indonesia.

VOKASI NEWS – Hima D4 Destinasi Pariwisata mengadakan National Tourism Seminar 2023 guna menambah wawasan tentang ilmu pariwisata di Indonesia.

Kolaborasi pentahelix dalam upaya meningkatkan sektor pariwisata yang lebih maju dan berkelanjutan sangat penting untuk dilakukan. Apalagi dengan akan diadakannya pemilu pada tahun politik 2024, tentu saja sektor pariwisata sangat rentan terhadap dampak tahun politik.

Hal tersebut karena sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat strategis. Terbukti dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor penghasil devisa terbesar di Indonesia. Dengan adanya kolaborasi pentahelix mulai dari akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media diharapkan mampu mencegah hal tersebut terjadi.

Symphony of Some Aspect in Tourism

Seminar nasional pariwisata kali ini dilaksanakan secara full offline setelah tahun lalu masih dilaksanakan secara hybrid. Bertempat di Auditorium Ternate, Aseec Tower, UNAIR pada tanggal 2 Desember 2023, kegiatan berlangsung dengan khidmat dan lancar. Bertemakan “Symphony Of Some Aspect In Tourism,” kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum, mulai dari siswa SMA-SMK, Mahasiswa, dan Masyarakat lainnya.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU kerjasama magang, PKL, dan pengabdian antara program studi Destinasi Pariwisata dengan Kemarang Group. Penandatanganan dilakukan oleh Prof. Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si selaku Wadek I Fakultas Vokasi UNAIR, serta Bapak Ir. Wowok Meirianto, MT selaku Founder Kemarang Group.

Gambar 1. Penandatanganan MoU

Tidak hanya itu, terdapat juga pertunjukan tari lenggang nyai dari Betawi untuk menghibur peserta yang hadir. Dengan adanya pertunjukan tari tersebut, terbukti jika kegiatan seminar ini juga sebagai bentuk kolaborasi antar industri pariwisata dengan daerah lokal.

National Tourism Seminar 2023

Dengan tema kolaborasi pentahelix, seminar kali ini mengundang beberapa narasumber dan pembicara dari 3 pentahelix sektor pariwisata. Adapun narasumber tersebut sebagai berikut:

  1. Bapak Ali Afandi S.Pd., MT. kepala Bidang Pemasaran dan Kelembagaan Parekraf Disbudpar Provinsi Jatim selaku narasumber pada sektor pemerintahan
  2. Bapak Dr. Yuniawan Heru Santoso, S.E., S.Sos., M.Si. selaku narasumber pada sektor akademisi
  3. Bapak Ir. Wowok Meirianto, MT selaku narasumber pada sektor bisnis
Gambar 2. Penyampaian Materi oleh 3 Narasumber

Pemaparan materi 1 disampaikan oleh Bapak Ali Afandi S.Pd., MT selaku kepala Bidang Pemasaran dan Kelembagaan Parekraf Disbudpar Provinsi Jatim. Beliau menyampaikan materi terkait “Kolaborasi pentahelix pada sektor pariwisata untuk mencegah dampak buruk pada tahun politik”.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh akademi pariwisata UNAIR, Bapak Dr. Yuniawan Heru Santoso, S.E., S.Sos., M.Si. Sesi kali ini cukup seru karena topik yang dibawakan sangat kompleks, yaitu “Artificial Intelligence: Antara Teknologi, Budaya, Politik, dan Implementasinya untuk Industri Parekraf”.

Materi terakhir disampaikan langsung oleh Bapak Ir. Wowok Meirianto, MT selaku founder Kemarang Group yang datang jauh-jauh dari Banyuwangi. Bertemakan “Membangun Destinasi Wisata Kuliner Tradisional dengan Daya Tarik Seni Budaya” materi disampaikan dengan begitu menariknya.

BACA JUGA: Seminar Scholarship Event for Vocational Student with Experts 2023

Dengan adanya Seminar Nasional Pariwisata 2023 ini, diharapkan dapat menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan pada bidang pariwisata. Selain itu juga diharapkan mampu meningkatkan branding program studi Destinasi Pariwisata dengan turut hadirnya siswa SMA-SMK. Bangga berwisata di Indonesia, jaya selalu pariwisata Indonesia, PARIWISATA JAYA JAYA JAYA! Sampai jumpa dan nantikan seminar nasional pariwisata 2024, Voks!

***

Penulis: Muhammad Vieri Hidayatulah

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!