VOKASI UNAIR

Mahasiswa Sadar Arsip! di Era Kearsipan dan Informasi Digital

VOKASI NEWS – Kamis, (7/12/2023) telah diselenggarakan kuliah tamu yang membahas tentang “Mengenal Lebih Dekat Dunia Kearsipan dan Informasi DIgital”. Topik ini diangkat dilatarbelakangi dengan bertransformasinya Program Studi D-III Perpustakaan menjadi D-IV Kearsipan dan Informasi Digital.

Dalam kuliah tamu, dihadiri oleh KPS D-III Perpustakaan, Dessy Harisanty, S.Sos., M.A., dosen-dosen, ratusan mahasiswa, dan tentunya narasumber. Pada kesempatan kali ini, Agus Santoso, S.Sos., M.Med.Kom. menjadi pemateri dalam kegiatan Guest Lecture 2023. Guest Lecture diadakan di Aula Vokasi Gedung A Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

Pemaparan Materi oleh Agus Santoso, S.Sos., M.Med.Kom. pada Kegiatan Kuliah Tamu | Sumber: Dokumentasi

“Di era sekarang, peluang kerja menjadi arsiparis sangatlah luas tapi diluar itu ada beberapa yang menjadi kompenen dimiliki oleh setiap SDM, diantaranya hardskills, softskills, kompetensi, knowledge (pengetahuan), dan jangan lupa yang paling penting adalah attitude dan brand.” ujar Agus.

Transformasi digital menjanjikan berbagai keuntungan bagi organisasi modern, namun tidak tanpa tantangan. Menurut narasumber, terdapat beberapa hambatan khusus dalam perjalanan bertranformasi di era digital. Pertama, Ancaman dunia maya dan masalah keamanan menjadikan proteksi informasi sebagai prioritas utama. Kurangnya SDM dengan keahlian digital dan partner teknologi yang tidak sesuai menambah kompleksitas proses transformasi.

Lingkungan ekonomi yang tidak stabil seringkali mempengaruhi keputusan investasi dalam teknologi digital. Terakhir, kurangnya dukungan organisasi sering menjadi penghalang dalam implementasi transformasi digital.

Namun, pentingnya sadar arsip tidak bisa diabaikan. Diperlukan adanya dukungan organisasi dan peningkatan keahlian digital, kita dapat mengelola dan menjaga integritas arsip digital. Meski penuh tantangan, transformasi digital adalah langkah penting untuk beradaptasi di era digital saat ini.

[BACA JUGA: Social Project Magang BEM Fakultas Vokasi UNAIR 2023]

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!