VOKASI UNAIR

Social Project Magang BEM Fakultas Vokasi 2023

Social Project Magang Fakultas Vokasi 2023: Tanam Pohon Mangrove

VOKASI NEWS – Pesisir merupakan bagian ekosistem yang kaya akan keanekaragaman hayati dan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melindungi ekosistem pesisir adalah dengan menjalankan proyek tanam mangrove. Mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki peran krusial dalam menjalankan proyek ini. 

Oleh karena itu Mahasiswa Magang BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023 melakukan Social Project Tanam Mangrove yang dilaksanakan di Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya pada hari Jumat, 24 November 2023. Mahasiswa Magang BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023 melakukan penanaman 70 bibit mangrove serta melakukan kegiatan Beach Clean up

Social Project ini melibatkan seluruh staff magang BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023. Tidak hanya itu, staf pengurus BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023 juga hadir mendampingi para magang BEM. Adapun perwakilan Dosen Fakultas Vokasi Ibu Berliana Devianti Putri, S.KM., M.Kes. dan Presiden BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023 Aby Rafdy Chaldun juga turut hadir mendukung kegiatan ini.

Manfaat Social Project Bagi Mahasiswa

Social Project ini juga memberikan manfaat untuk seluruh peserta. Adapun manfaat tersebut sebagai berikut: 

  • Pendidikan Lingkungan, proyek ini dapat menjadi sarana edukasi lingkungan bagi mahasiswa dan masyarakat setempat, meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem pesisir. 
  • Pemberdayaan Masyarakat, dengan melibatkan masyarakat dalam proyek tanam mangrove memberikan dampak positif dalam hal pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 
  • Kontribusi terhadap Lingkungan Global dan  mitigasi perubahan iklim dengan menyerap karbon dioksida dari atmosfer. 
  • Pengalaman Praktis. Mahasiswa magang BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023 akan mendapatkan pengalaman praktis dalam merencanakan, mengorganisir, dan melaksanakan proyek lingkungan yang memiliki dampak positif untuk sekitar.
Gambar 1. Kegiatan Penanaman Mangrove

Project tanam mangrove oleh mahasiswa magang BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023 bukan hanya sekadar aksi nyata dalam pelestarian lingkungan, tetapi juga merupakan bentuk kontribusi nyata terhadap kesejahteraan masyarakat pesisir. Dengan melibatkan mahasiswa magang BEM Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023, proyek ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas akademis lainnya untuk turut serta dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir. Kesinambungan proyek ini juga dapat menjadi tonggak keberhasilan kolaborasi antara akademisi, pemerintah, dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

BACA JUGA: National Tourism Seminar 2023

***

Penulis : Hilda Isnaeni (Teknologi Labolatorium Medik)

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!