VOKASI UNAIR

Mahasiswa D3 Perpustakaan Menyelenggarakan Podcast Seni Komunikasi Efektif dalam Melayani Pemustaka

Podcast Seni Berkomunikasi Efektif oleh Mahasiswa D3 Perpustakaan/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Podcast seni komunikasi efektif dalam melayani pemustaka diselenggarakan oleh Mahasiswa D3 Perpustakaan.

Mahasiswa D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menelurkan sebuah inovasi. Adapun inovasi itu berupa podcast, alias bincang-bincang. Topik bahasan dalam podcast ialah tentang seni berkomunikasi efektif dalam melayani pelanggan di perpustakaan. Podcast tersebut merupakan bagian dari penugasan mata kuliah “Etika Pelayanan.” Dalam podcast, telah hadir satu narasumber yang mewakili pustakawan, dan narasumber lain mewakili pemustaka. Perbincangan antara dua narasumber tersebut dipandu oleh mahasiswa yang berperan sebagai moderator.

BACA JUGA: Podcast Mahasiswa Perpustakaan, Mengupas Tuntas Layanan Referensi OPAC

Pada sesi awal podcast seni komunikasi efektif, pembahasan diarahkan pada kebutuhan pemustaka terhadap pustakawan. Melalui kesempatan itu, perwakilan pemustaka menyampaikan bahwa kemampuan komunikasi pustakawan sangat dibutuhkan. Usai pemustaka berpendapat, tiba saatnya bagi pustakawan untuk memberikan argumentasi. Pada kesempatan itu pula dibahas mengenai studi kasus permasalahan yang kerap dihadapi oleh pemustaka. Pemustaka kerap menjumpai pustakawan yang belum profesional dalam berkomunikasi. Misalnya dengan memperlihatkan raut wajah jutek, tidak murah senyum, dan nada bicara yang tidak ramah didengar. Hal itu menjadi perbincangan menarik dalam podcast.

Melalui bincang-bincang itu mahasiswa berharap agar pendengar dapat memahami bagaimana seharusnya seorang pustakawan dapat bersikap secara ideal kepada pemustaka.

***

Penulis             : Erni Erviani

Editor              : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!