VOKASI UNAIR

Referensi Wisata Kampung Bagi Wisatawan Surabaya Melalui Media Direktori

Referensi Wisata Kampung Melalui Media Direktori/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Referensi wisata kampung bagi wisatawan yang ada di Surabaya melalui media direktori yang disediakan oleh Mahasiswa D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi UNAIR.

Surabaya merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Timur yang dikenal dengan julukan Kota Pahlawan. Surabaya memiliki banyak destinasi objek wisata, salah satunya adalah objek wisata kampung. Terdapat banyak wisata kampung di Surabaya yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar kota. Daftar-daftar wisata kampung di Surabaya di muat dalam sebuah media yang berbentuk direktori. Adapun media direktori tersebut dibuat oleh mahasiswa D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi Unair.

Media Direktori

Media direktori merupakan kumpulan data-data informasi yang disusun secara sistematis kemudian data-data tersebut disimpan di pangkalan data yang nantinya bisa diakses oleh semua orang. Direktori dibuat guna membantu serta memudahkan para wisatawan yang mengakses untuk menemukan referensi wisata kampung yang akan dikunjungi. Media direktori tersebut berisikan alamat, jam buka, HTM, media sosial, dan deskripsi singkat mengenai kampung wisata yang disertai dengan gambar dari lokasi wisata kampung.

Tahapan Pengambilan Data

Pengambilan data pendukung direktori tersebut dilakukan dengan menggunakan metode observasi langsung ke lapngan dan wawancara dengan pengelola atau penduduk yang bertempat tinggal di wisata kampung. Data direktori wisata kampung juga didapat melalui dokumen resmi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Data-data informasi tersebut yang kemudian digunakan untuk membuat media direktori.

Alamat Website Direktori

Media direktori dapat diakses oleh semua pengguna melalui mesin penelusur seperti google dengan memasukkan alamat webiste http://direktori.vokasi.unair.ac.id/. Dalam alamat website tersebut terdapat banyak pilihan wisata yang ada di Surabaya, untuk mengakses wisata kampung pengguna dapat memilih opsi sub menu destinasi wisata – wisata rekreasi – wisata kampung. Wisata kampung tersebut nantinya akan terbagi menjadi berdasarkan wilayah dan jenis wisata kampung. Jenis wisata kampung meliputi, edukasi, sejarah, bahari, kuliner, dan agrowisata.

***

Penulis             : Tarisa Putri Kurniadi, Fitri Mutia, D3 Perpustakaan UNAIR

Editor              : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!