VOKASI UNAIR

Kegiatan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis di Rumah Sakit Universitas Airlangga

PKL Mahasiswa TLM di RSUA/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – PKL Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis di Rumah Sakit Universitas Airlangga.

Kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan) adalah kegiatan wajib. Terkhusus, wajib bagi mahasiswa akhir D3 Teknologi Laboratorium Medis (TLM). Praktik kerja lapangan tersebut bertujuan untuk memenuhi SKS yang lingkupnya bukan hanya di dalam, melainkan di luar kampus. Salah satu tempat praktik kerja lapangan yang dipilih ialah Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA).

Pengalaman PKL di RSUA

Praktik kerja lapangan di RSUA dilaksanakan dalam kurun waktu dua bulan. Lebih tepatnya pada 06 November sampai dengan 29 Desember 2023. Sebelum mahasiswa peserta PKL ditempatkan pada instalasi, terlebih dahulu diwajibkan mengikuti pra-pendidikan. Pra-pendidikan penting dilakukan bagi mahasiswa agar dapat memahami penugasan nantinya. Menariknya, pra-pendidikan itu tidak hanya diikuti oleh Mahasiswa D3 TLM saja, melainkan dari perguruan tinggi lain.

Kegiatan PKL mahasiswa D3 TLM dimulai setelah melaksanakan pra pendidikan yang diadakan oleh Rumah Sakit Universitas Airlangga. PKL mahasiswa D3 TLM dibagi ke dalam beberapa instalasi laboratorium. Antara lain laboratorium patologi klinik, laboratorium mikrobiologi, laboratorium patologi anatomi dan parasit, dan laboratorium riset. Adapun kegiatan PKL di laboratorium patologi klinik dilaksanakan selama 1 bulan, dan di laboratorium mikrobiologi selama 2 minggu. Kemudian ada pula di laboratorium patologi anatomi dan parasit selama 1 minggu. Terakhir di laboratorium riset selama 1 minggu.

BACA JUGA: Efektivitas Pemberian Terapi Akupuntur Pada Pasien Obesitas dengan Diabetes Melitus Tipe 2

Belajar di Laboratorium Patologi Klinik

Kegiatan PKL mahasiswa D3 TLM di laboratorium patologi klinik menjadi salah satu momen yang sangat berharga. Hal itu karena di laboratorium patologi klinik mahasiswa D3 TLM dapat belajar banyak dan mendapatkan banyak pengalaman mengenai flebotomi. Pengalaman lain yang tidak kalah penting adalah pengalaman dalam mengoperasikan alat-alat yang ada di laboratorium patologi klinik. Diantaranya ialah alat hematologi, alat kimia klinik, dan alat-alat lain yang belum diketahui sebelumnya.

Mengulik Ilmu di Laboratorium Mikrobiologi

Kegiatan PKL mahasiswa D3 TLM di laboratorium mikrobiologi banyak mendapatkan pengalaman dari pemeriksaan TBC. Pemeriksaan lain yang dipelajari adalah identifikasi spesies bakteri dan uji antibiotik menggunakan alat VITEK. Pemeriksaan seperti kultur, direct gram dan pengecatan KOH juga dilakukan selama mahasiswa D3 TLM menjalani PKL di laboratorium mikrobiologi.

PKL Mahasiswa di Laboratorium Patologi Anatomi

Kegiatan PKL mahasiswa D3 TLM di laboratorium patologi anatomi dan parasit mendapatkan kesempatan untuk mencoba alat yang belum pernah dicoba sebelumnya. Diantaranya ialah alat potong beku di laboratorium patologi anatomi. Alat potong beku di laboratorium patologi anatomi berfungsi untuk pemeriksaan cepat apakah jaringan yang diperiksa terdapat keganasan atau tidak. Di laboratorium parasit mahasiswa D3 TLM juga mendapatkan hal baru untuk tes cepat apakah feses tersebut kemungkinan terdapat parasit atau tidak, yakni tes ICT darah samar.

Laboratorium Riset Penuh ‘Aset’ Ilmu Berharga Bagi Mahasiswa

Pada minggu terakhir adalah kegiatan PKL mahasiswa D3 TLM di laboratorium riset. Melalui tempat tersebut, mahasiswa mengetahui bahwa laboratorium medis tidak hanya sebagai laboratorium pelayanan. Akan tetapi  dapat juga berfungsi sebagai penunjang adanya penemuan baru didunia kesehatan. Di laboratorium riset mahasiswa D3 TLM mempelajari mengenai pemeriksaan ELISA dan PCR untuk Covid-19, selain itu mahasiswa D3 TLM juga banyak mendapatkan wawasan baru mengenai penemuan-penemuan baru didalam dunia kesehatan.

***

Penulis : Bima Kurniawan Pratama

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!