VOKASI UNAIR

Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa D-III Teknologi Laboratorium Medis FV UNAIR di Rumah Sakit Lavalette Malang 

Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa D-III Teknologi Laboratorium Medis FV UNAIR di Rumah Sakit Lavalette Malang_Dokumentasi Istimewa

VOKASI NEWS – Mahasiswa D-III Teknologi Laboratorium Medis Melakukan Praktik Kerja Lapangan di Rumah Sakit Lavalette Malang.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa semester lima program studi Teknologi Laboratorium Medis. Tujuan dari kegiatan ini tentunya dapat menambah wawasan, ketrampilan berkomunikasi dengan pasien serta pengalaman terkait dunia kerja. Pada kegiatan PKL mahasiswa dibebaskan untuk memilih instansi yang akan dituju dengan syarat instansi tersebut sudah terikat MoU (Memorandum of Understanding) atau kerjasama dengan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dan dapat memenuhi semua kompetensi yang sudah ditentukan. Adapun kompetensi yang harus dipenuhi untuk kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yaitu meliputi unit Patologi Klinik, Patologi Anatomi, Bakteriologi, Virologi dan Imunologi, Spermatologi, Parasitologi  dan Toksikologi.  

Sekilas Tentang Rumah Sakit Lavalette Malang 

Rumah Sakit Lavalette Malang berdiri sejak 9 Desember 1918 dan dinobatkan sebagai salah satu rumah sakit tertua di Kota Malang. Dulunya, RS Lavalette merupakan klinik kesehatan milik pemerintahan Hindia Belanda yang diberi nama Lavelette Kliniek. Asal usul nama Lavalette sendiri diambil dari nama pemilik saham terbesar rumah sakit Lavalette kala itu yakni G. Chr. Renardel de Lavalette yang juga menjabat sebagai ketua yayasan dan mengatur pendanaan dalam proses pembangunan rumah sakit. Saat ini Rumah Sakit Lavalette Malang merupakan salah satu unit yang dikelola oleh PT Nusantara Sebelas Medika.  

Hal yang patut dibanggakan dari rumah sakit Lavalette Malang adalah Core Values yang ditegakkan dalam pelayanan mutu rumah sakit. Core values tersebut terdiri dari 6 nilai utama yaitu AKHLAK. AKHLAK merupakan singkatan dari Amanah (Memegang teguh kepercayaan yang diberikan), Kompeten (Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas), Harmonis (Saling peduli dan menghargai perbedaan), Loyal (Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara), Adaptif (Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan) dan Kolaboratif (Membangun kerja sama yang sinergis). 

Kontribusi Mahasiswa D-III Teknologi Laboratorium Medis dalam kegiatan PKL 

Terbentuk menjadi satu kelompok yang beranggotakan empat mahasiswa, kegiatan Praktik Kerja Lapangan di rumah sakit Lavalette Malang berlangsung mulai tanggal 6 November hingga 29 Desember 2023.  Adapun pembagian jadwal tugas dibagi menjadi empat yaitu pada bagian proses yang termasuk Patologi Klinik, Bank Darah Rumah Sakit, Patologi Anatomi dan Sampling. 

Pada Laboratorium Patologi Klinik, mahasiswa belajar terkait proses sampel klinis seperti darah, urin, dan juga feses. Mahasiswa belajar mulai dari tahapan penerimaan sampel, memproses sampel, hingga keluarnya hasil. Pada laboratorium Patologi Klinik, pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan Hematologi, Kimia Klinik, dan Imunologi. Pemeriksaan golongan darah dan uji reaksi silang untuk transfusi darah dapat dilakukan pada Bank Darah Rumah Sakit. Pada laboratorium Patologi Anatomi, mahasiswa belajar untuk melakukan pewarnaan pada sediaan FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsy). Sedangkan pada ruangan Sampling, mahasiswa belajar untuk melakukan pengambilan sample yang meliputi pengambilan darah melalui pembuluh darah vena dan pengambilan darah melalui pembuluh darah kapiler. 

Harapannya, dengan adanya kegiatan PKL ini dapat meningkatkan soft skill maupun hard skill masing-masing mahasiswa dan menerapkan pengalaman baik yang didapat untuk bekal di dunia kerja. 

BACA JUGA: Inilah Rekomendasi MRI Modalitas yang Aman Menurut Mahasiswa D4 Teknologi Radiologi Pencitraan

***

Penulis: Aisyah Syifana Aulia dan Zalfa Catur Kurnia

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!