VOKASI UNAIR

Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di RSUD Haji Provinsi Jawa Timur

raktik-Kerja-Lapangan-Mahasiswa-D3-Teknologi-Laboratorium-Medis-di-RSUD-Haji-Provinsi-Jawa-Timur-_-Memahami-Dinamika-Pelayanan-Kesehatan-dicha-amallya

VOKASI NEWS – Pengalaman PKL yang dilakukan oleh Mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Provinsi Jatim dalam “Memahami dinamika pelayanan kesehatan”

Bertempat di Laboratorium Patologi Klinik RSUD Haji Provinsi Jawa Timur pada Senin (20/11). Telah berlangsung orientasi Laboratorium Patologi Klinik (PK) bagi para mahasiswa DIII TLM UNAIR. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa DIII Teknologi Laboratorium Medis UNAIR di RSUD Haji. Kegiatan orientasi dibimbing langsung oleh penanggung jawab mahasiswa PKL RSUD Haji, Bapak Anang Ma’ruf. Dalam kegiatan ini mahasiswa menerima orientasi mengenai peraturan dan  tata tertib laboratorium, pengenalan jenis-jenis pemeriksaan di bawah Laboratorium PK, serta pengenalan kepada para pekerja laboratorium, kepala laboratorium dan dokter penanggung jawab laboratorium.

PKL merupakan salah satu kompetensi mata kuliah semester 5 yang wajib diikuti oleh mahasiswa DIII Teknologi Laboratorium Medis Universitas Airlangga. Kegiatan PKL ini berlangsung selama 12 minggu sesuai dengan pembagiannya. Pembagian tersebut yakni gelombang pertama selama 4 minggu pada Juli hingga Agustus.Gelombang kedua selama  8 minggu pada November hingga Desember. Pada kegiatan PKL ini mahasiswa dituntut untuk mengimplementasikan materi yang sudah diperoleh pada perkuliahan di kampus ke tempat PKL. Kegiatan PKL ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan lingkungan kerja yang sebenarnya.

Fasilitas dan Pemeriksaan yang Tersedia di Laboratorium RSUD Haji Provinsi Jawa Timur

Pada laboratorium Patologi Klinik RSUD Haji Provinsi Jatim telah tersedia berbagai pelayanan pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut yakni pengambilan darah untuk pemeriksaan laboratorium, hematologi lengkap, kimia klinik, urinologi, imunologi, bank darah rumah sakit dan mikrobiologi.

Selama enam minggu di Laboratorium PK RSUD Haji, mahasiswa diperkenankan untuk turut serta dalam melakukan berbagai pemeriksaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Laboratorium PK memiliki beberapa jenis pelayanan pemeriksaan yang rutin dilakukan setiap harinya, salah satunya adalah pelayanan Laboratorium CITO.

Pemeriksaan Laboratorium CITO merupakan pelayanan laboratorium RSUD Haji yang dilakukan guna memenuhi pasien gawat darurat. Pelayanan ini harus keluar hasilnya dalam waktu kurang dari 2 jam. Laboratorium CITO RSUD Haji buka selama 24 jam dalam 7 hari dengan terbagi dalam 3 shift. Shift pagi dimulai dari jam 07.00-14.00 WIB, shift sore dimulai dari jam 14.00-21.00 WIB, dan shift malam dimulai dari jam 21.00-07.00 WIB. 

Beberapa parameter pemeriksaan yang terdapat pada Laboratorium CITO antara lain pemeriksaan gula darah acak, gas darah, swab antigen, kimia klinik, hematologi, urinologi, dan imunologi. Berbagai pemeriksaan tersebut telah menggunakan alat otomatis. Penggunaan alat otomatis diharapkan mempercepat kinerja pemeriksaan laboratorium sehingga efektif waktu, tenaga, dan biaya.

Pengalaman Pelaksanaan PKL Bagi Mahasiswa

Dari PKL yang telah dilakukan selama beberapa minggu, mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman. Selama PKL ini, mahasiswa telah mendapatkan berbagai ilmu seperti mengetahui sistem Laboratory Information System (LIS) rumah sakit dan mengetahui proses validasi hasil sebelum dikeluarkan dan diberikan kepada pasien.

Selain mendapatkan kesempatan dalam mengerjakan semua pemeriksaan yang ada di Laboratorium CITO. Mahasiswa juga mendapatkan beberapa ilmu baru. Ilmu pertama yakni ilmu pengetahuan mengenai tujuan dan prinsip setiap pemeriksaan. Kedua mengetahui proses pelayanan kepada pasien dengan benar. Kemudian meningkatkan kerja sama antar rekan kerja, dan mendapatkan pengalaman bekerja di beberapa shift untuk mendapat gambaran di dunia kerja yang sebenarnya.

BACA JUGA : Student Inbound: Mahasiswa Federation University Australia Mengunjungi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

***

Penulis : Dicha Amallya Zuniarti

Editor : Maulidatus Solihah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!