VOKASI UNAIR

Kerjasama Bidang Penelitian antara D3 Keperawatan Fakultas Vokasi UNAIR dengan University Sains Malaysia

Kerjasama bidang penelitian D3 Keperawatan UNAIR dengan USM/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Kerjasama bidang penelitian telah terjalin antara D3 Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dengan University Sains Malaysia (USM).

Terjalinnya kerjasama antara dua perguruan tinggi itu diawali dengan diselenggarakannya kuliah tamu. Adapun kuliah tamu tersebut membahas tentang “Strategies Publishing in High Impact Journal at Nursing Study Program, Faculty of Vocational Studies.” Terselenggaranya kuliah tamu tersebut dapat memberikan arah bagi dosen keperawatan FV UNAIR untuk menulis jurnal. Khususnya, jurnal yang terindeks Scopus. Melalui kemitraan ini, UNAIR dan USM saling mendukung untuk meningkatkan kualitas penulisan jurnal. Kedua belah pihak saling bertukar pengetahuan tentang penulisan jurnal, dan berkolaborasi dalam penulisan juranal. Bahkan, keduanya melakukan publikasi jurnal secara bersama-sama.

Dekan Fakultas Vokasi UNAIR dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama penelitian selalu terjalin. Gunanya ialah memberikan wawasan kepada dosen dalam menulis jurnal bereputasi internasional. Pada akhirnya, publikasi jurnal yang baik akan membawa dampak positif bagi perguruan tinggi.

BACA JUGA: Mengasah Kemampuan Profesional di Laboratorium Kesehatan Hewan Kabupaten Tuban ala Mahasiswa D3 Paravet

Sementara itu Dr. Intan Idiana Hassan, Bsc Nursing, Msc Med Education. PhD Gerontology Nursing, dalam paparannya menekankan perlunya mempelajari gaya selingkung dari jurnal dengan selalu mematuhi panduan penelitian pada jurnal yang dituju. Selanjutnya juga disinggung bagaimana penulisan jurnal dapat menyelaraskan antara pendahuluan, metoda penelitian, hasil penelitian dan pembahasan pada jalur yang saling keterkaitan. Deskripsi masalah penelitian diungkap dengan padat, ringkas, dan jelas untuk menggambarkan masalah yang akan diteliti dengan didukung dengan fakta yang jelas.

Antusiasme Peserta Kuliah Tamu
Potret saat kegiatan kuliah tamu di Prodi Keperawatan Fakultas Vokasi UNAIR/tangkapan layar panitia

Peserta yang sebagian besar merupakan dosen dan mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah tamu. Beberapa dosen dan mahasiswa mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Salah seorang Dosen Keperawatan, Hafna Ilmy Muhalla, S.Kep.Ns., M.Kep.Sp. Kep.M.B, bertanya terkait tips agar karya ilmiah dapat diterima oleh jurnal yang berstandart scopus. Pertanyaan diarahkan pada konteks strategi penulisan, tata bahasa inggris yang baik hingga cara submit. Kegiatan guest lecture tersebut mendapatkan respon positif dari partisipan. Online guest lecture tersebut memotivasi dosen dan mahasiswa untuk menulis jurnal ilmiah yang berkualitas.             

Guest Lecture ini telah dipayungi oleh Naskah Kerja Sama dalam bentuk MoA (masih dalam proses).  Selain itu, juga telah disepakati bersama antara pembicara dengan Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga melalui Implementations Agreement. Diharapkan dosen dari keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dapat melakukan staff mobility dalam bentuk staff outbound ke University Sains Malaysia. Hal itu sebagai balasan pertukaran dosen antar perguruan tinggi. Pada akhirnya kerjasama bidang penelitian antara Universitas Airlangga dengan University Sains Malaysia dapat terjalin.

***

Penulis: ABD NASIR (Koordinator Program Studi Diploma 3 Keperawatan)

Pengunggah: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!