VOKASI UNAIR

Sukses Mengimplementasikan Teori dan Praktikum di Lapangan, 4 Mahasiswa D3 Paramedik Veteriner Melaksanakan PKL CV. Cahaya Gemilang Farm

Empat Mahasiswa D3 Paramedik Veteriner, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga (UNAIR), sukses melakukan PKL di di CV. Cahaya Gemilang Farm/ Dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Mahasiswa Program Studi D3 Paramedik Veteriner, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga (UNAIR), yang dibimbing oleh M. Gandul Atik Yuliani, drh., MKes. sukses melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) di CV. Cahaya Gemilang Farm.

Tim PKL terdiri dari empat  mahasiswa yaitu, Taufik Ardiansyah, Salma Azahro, Putri Anjani, dan Yoda Ana Rufaida. Keempat mahasiswa ini melakukan PKL mulai 28 Agustus – 17 September 2023.

Tujuan

Tujuan dari PKL ini adalah untuk memperoleh pengalaman, keterampilan, penyesuaian sikap, dan memperluas pengetahuan mengenai dunia kerja dalam rangka memperkaya wawasan dan menerapkan ilmu sesuai dengan bidang khususnya ilmu Kesehatan Hewan dan Peran Paramedik Veteriner dalam kegiatan PKL ( Praktik Kerja Lapangan ). Selain itu, dapat melatih kemampuan komunikasi dan kerja sama tim sehingga diperoleh manfaat yang bisa dirasakan baik bagi kami maupun bagi lingkungan CV. Cahaya Gemilang Farm.

CV. Cahaya Gemilang Farm

CV. Cahaya Gemilang Farm merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang peternakan ayam petelur di Kota Blitar, Jawa Timur. CV. Cahaya  Gemilang Farm Blitar merupakan usaha yang bergerak dalam bidang peternakan ayam layer yang didirikan oleh warga Indonesia bernama Bapak Sutrisno. Beliau merintis usaha peternakan sejak mulai tahun 2022 hingga sekarang. Pada awalnya, peternakan dibangun dengan bentuk kandang open house, lalu terdapat gudang pakan dan gudang telur. Semakin berkembangnya usaha peternakan ini, beliau membangun kandang kembali di wilayah Karangrejo dengan bentuk kandang close house.

Telur yang dihasilkan kemudian di distribusikan agar manajemen administrasi terus berputar. Seiring berjalannya waktu, CV. Cahaya Gemilang Farm Blitar sudah memiliki beberapa kandang yang terdiri dari kandang open house dan kandang close house. Kemudian, apabila ayam sudah memasuki masa afkir, ayam akan dijual kepada perusahaan yang sudah bekerjasama untuk membeli ayam tersebut. Sekarang ini, kantor utama CV. Cahaya Gemilang Farm Blitar berada di Jl. Kendari Selatan No.49 C, Cangkring, Plosoarang, Kec. Sanankulon, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66151. Untuk kandang diantaranya berada di wilayah, Tumpak Wuluh, Bendowulung, Bence, Karangrejo.

Kegiatan kami selama 3 minggu berada di CV. Cahaya Gemilang Farm untuk Minggu pertama (Senin 28 Agustus 2023 – Sabtu 2 September 2023) Pada minggu pertama dilakukan pengenalan tempat praktik kerja lapangan oleh bapak Ibnul Abror Musthofa S.Pt selaku supervisor dan melakukan kegiatan seleksi ayam pilek dan ayam kuning. Selain itu kami juga melakukan nekropsi pada ayam, melakukan pengobatan pada ayam pilek dan ayam kuning.

Minggu kedua (Senin 4 September 2023 – Sabtu 9 September 2023)

Pada minggu kedua, kami melanjutkan pengecekan rutin dan seleksi pada ayam yang pilek, lemas, dan snot kemudian dipisahkan dari ayam yang sehat. Selanjutnya, setelah proses seleksi selesai, ayam yang mengalami pilek dan snot dilakukan pengobatan dengan injeksi antibiotik yang dicampur dengan vitamin. Adapun kegiatan penimbangan berat badan ayam yang dilakukansatu bulan sekali.

Minggu ketiga (Senin 11 September 2023 – 16 September 2023).

Pada minggu ketiga kami melanjutkan melakukan pengecekan rutin dan melakukan seleksi ayam yang mengalami lemas, pilek, snot dan ayam yang mengalami Newcastle Disease (Tetelo).Kegiatan yang kami laksanakan selama 3 minggu tersebut tentunya sangat bermanfaat dan banyak membantu pihak CV. Cahaya Gemilang Farm. Setelah melaksanakan PKL kami mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk dunia kerja mendatang, skill dan pengetahuan teori yang didapat dikampus dapar bekesinambung dan kami terapkan dilapangan dengan baik.

BACA JUGA : Peternakan Ayam Broiler dengan Sistem kandang Closed House: Pengalaman Peternakan CV Cahaya Gemilang Farm

***

Penulis : Putri Anjani

Pembimbing : M. Gandul Atik Yuliani, drh., MKes.

Editor : Maulidatus Solihah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!