VOKASI UNAIR

PKL di Laboratorium Kesehatan Hewan Tuban Mengajarkan Mahasiswa Melakukan Pengujian

Foto kegiatan saat mahasiswa PKL di Laboratorium Keswan Tuban/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – PKL di Laboratorium Kesehatan Hewan Tuban memberikan pelajaran berharga bagi mahasiswa untuk melakukan pengujian.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan bentuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Vokasi. Kewajiban tersebut juga harus dilakukan oleh mahasiswa Prodi D3 Paramedik Veteriner Fakultas Vokasi UNAIR. Salah satu kelompok mahasiswa dari prodi tersebut memperoleh penugasan PKL di UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Tuban. PKL Kelompok 10 di Tuban tersebut dilaksanakan pada 30 Oktober sampai dengan 17 November 2023.

Profil UPT Laboratorium Keswan Tuban

UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Tuban dipimpin oleh Kepala UPT yang bertanggung jawab terhadap kepala dinas. Struktur organisasi UPT Laboratorium Keswan Tuban terbagi dalam 2 (dua) seksi, dan 1 (satu) sub bagian. Adapun dua seksi yang dimaksud ialah seksi pelayanan laboratorium kesehatan masyarakat veteriner, dan seksi pelayanan laboratorium kesehatan hewan. Sementara itu, sub bagian yang ada di sana ialah sub bagian tata usaha. Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Kesehatan Hewan Tuban memiliki beberapa sarana-prasarana. Sarana-prasarana yang relevan dengan mahasiswa ialah laboratorium serologis, laboratorium kesmavet, dan laboratorium parasitologi.

Kegiatan Mahasiswa Selama PKL di Tuban

Tiga minggu menjalani praktik kerja lapangan memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan bagi mahasiswa. Hal itu dikarenakan, mahasiswa diajarkan keterampilan praktis oleh pegawai unit pelaksana teknis. Pada minggu pertama dan kedua, mahasiswa diajak untuk melakukan pengujian HA, HI, AI, dan ND. Selain itu, mahasiswa juga diminta untuk mencoba melakukan Uji RBT dan Uji Pullorum.

Pengujian dilakukan ketika terdapat sampel yang datang ke UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Tuban. Selanjutnya, Kegiatan di Laboratorium Kesmavet mencakup pengujian TPC (Total Plate Count), Uji Salmonella sp, uji Coliform, uji Escherichia colli, Uji Boraks, dan uji Formalin.

BACA JUGA: Mengasah Kemampuan Profesional di Laboratorium Kesehatan Hewan Kabupaten Tuban ala Mahasiswa D3 Paravet

Pada minggu ketiga, seluruh mahasiswa PKL di Laboratorium Keswan Tuban diminta untuk mengikuti kegiatan di Laboratorium Parasitologi. Kegiatan di laboratorium parasitologi mencakup pengujian ulas darah dengan pewarnaan giemsa, uji sedimen feses, uji anthrax, dan uji sianida.

UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Tuban memberikan kesempatan bagi mahasiswa PKL untuk mengikuti setiap proses pengujian yang dilakukan di laboratorium serologis, kesmavet, dan parasitologi. Hal tersebut dapat mengasah skill dan kemampuan serta juga dapat menambah wawasan bagi mahasiswa D-III Paramedik Veteriner.

***

Penulis : Nava Aisyah

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!