VOKASI UNAIR

Mahasiswa D3 Paramedik Veteriner Terlibat dalam Giat Vaksinasi di Peternakan Unggas PT. Intama Taat Anugerah

Foto kegiatan Mahasiswa D3 Paramedik Veteriner Terlibat Giat Vaksinasi Hewan/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Mahasiswa D3 Paramedik Veteriner terlibat dalam kegiatan vaksinasi di peternakan unggas milik PT. Intama Taat Anugerah.

Vaksinasi adalah salah satu program pencegahan terhadap berbagai penyakit yang dapat menginfeksi hewan. Pemberian vaksin pada hewan ternak untuk merangsang sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Vaksin ini dikembangkan untuk melindungi hewan ternak dari penyakit – penyakit tertentu yang dapat mengancam kesehatan dan produktivitas ternak. Vaksin ternak dapat mencakup perlindungan terhadap infeksi bakteri, virus, atau parasit tertentu yang umumnya dapat mempengaruhi hewan ternak. Vaksinisasi bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit pada ternak dan memastikan kesehatan ternak yang dipelihara. Vaksinasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di PT Intama Taat Anugerah guna mencegah ayam dari serangan penyakit.

Keterlibatan Mahasiswa dalam Proses Vaksinasi

Mahasiswa PKL Kelompok 6 D3 Paramedik Veteriner Universitas Airlangga ikut serta dalam melakukan vaksinasi bersama dengan petugas kesehatan hewan serta para operator kandang pada PT. Intama Taat Anugerah. Vaksin yang dilakukan yakni menggunakan vaksin G + ND, IB + ND yang diinjeksikan pada musculus pectoralis ayam dengan dosis 0.5 ml. Vaksin ini termasuk jenis vaksin inaktif dimana mengandung virus yang sudah dimatikan dengan suhu panas, radiasi, atau bahan kimia. Proses ini membuat virus tetap utuh, namun tidak mempunyai kemampuan untuk berkembang biak. Selain itu, vaksin ini tidak menyebabkan penyakit di dalam tubuh hewan yang divaksinasi, namun masih bersifat mampu merangsang pembentukan antibodi. Vaksin inaktif berbentuk emulsi cair serta mengandung antigen dan oil adjuvant (pelarut) untuk perpanjangan durasi immunitasnya.

BACA JUGA: Peran Aktivitas Fisik Sehari-hari dalam Mencegah Peristiwa Jatuh Pada Lansia

Selain dilakukan vaksin inaktif, mahasiswa juga melakukan vaksin IB + ND aktif melalui tetes mata. Vaksin aktif merupakan vaksin yang mengandung virus hidup yang dilemahkan. Adapun vaksin ini berfungsi untuk menggertak pembentukan kekebalan yang bersifat lokal di permukaan mukosa dengan penyerapan lebih cepat. Vaksin aktif berbentuk kering beku dan harus dilarutkan dengan pelarut tertentu (diluent).

Kegiatan vaksinasi mahasiswa D3 Paramedik Veteriner Universitas Airlangga dilaksanakan pada tanggal 18-21 Desember 2023.Vaksinasi dilakukan 4 hari berturut turut yakni di kandang 5, kandang 6, kandang 3, dan kandang 2. Vaksinasi pada ayam ini dilakukan pada saat ayam berusia 20 minggu.

***

Penulis : Lailatul Muna

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!