VOKASI UNAIR

Keseruan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa D3 Paramedik Veteriner di UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Malang

PKL Kel. 6 D3 Paravet di UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Malang - Nadia Utami.

Vokasi News – Kegiatan Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa D3 Paramedik Veteriner yang melangsungkan PKLnya di UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Malang.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menerapkan ilmu secara langsung pada bidang yang terkait. Ilmu tersebut berdasarkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan. Tujuan lainnya yakni bagi mahasiswa adalah agar mahasiswa memahami penanganan hewan di lapangan serta meningkatkan keterampilan dan kompetensi kesehatan hewan yang nantinya akan diterapkan pada kegiatan di lapangan. Dengan mengikuti Praktik Kerja Lapangan, mahasiswa dapat memperluas pengetahuan, keterampilan dan pengalaman, serta mempersiapkan untuk memasuki dunia kerja.

Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan kelompok 6 D3 Paramedik Veteriner bertempat di UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Malang. Kegiatan PKL ini dilaksanakan pada tanggal 02 Oktober – 20 Oktober 2023. UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Malang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dinas peternakan. Tugas tersebut berkaitan dengan Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner. Dengan melaksanakan tugas pemantauan yang bersifat menunjang kegiatan sub Dinas Kesehatan Hewan dan Dinas Peternakan pada umumnya.

Sampel yang akan diuji sebelumnya akan diterima dan diidentifikasi oleh bagian penerimaan sampel. Sampel yang telah diterima akan diberi nomor epidemiologi untuk menjaga kerahasiaan data. Kemudian sampel akan dikirim ke sesuai area pengujian yang ada di dalam UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Malang.

Uji Laboratorium

Saat pelaksanaan PKL di UPT Laboratorium Kesehatan Hewan, mahasiswa melakukan pengujian di laboratorium serologi, laboratorium parasitologi, laboratorium biomolekuler, laboratorium histopatologi, laboratorium mikrobiologi. Pada laboratorium kesehatan hewan dilakukan beberapa uji. Uji tersebut diantaranya yaitu uji RBT (Rose Bengal Test), uji HA HI AI, HA HI ND, Uji Pullorum, Uji Mycoplasma, Uji parasit darah, endoparasit dan ektoparasit. Sedangangkan pada laboratorium kesehatan masyarakat veteriner yakni uji salmonella, e coli, coliform pada sampel susu, daging serta telur. 

Dengan adanya pelaksanaan PKL di UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Malang  untuk membantu kami dalam membentuk kompetensi mahasiswa Paramedik Veteriner dalam bidang laboratorium kesehatan hewan yang telah diamanatkan oleh perundang-undangan. Setelah mengikuti kegiatan tersebut. Kemudian mahasiswa juga mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang pengaplikasian ilmu serta memberikan gambaran kepada mahasiswa di dalam dunia kerja tentang Laboratorium Kesehatan Hewan.

BACA JUGA : Mahasiswa D3 Paramedik Veteriner Terlibat dalam Giat Vaksinasi di Peternakan Unggas PT. Intama Taat Anugerah

***

Penulis : Nadia Utami Ratna Widyarini

Editor : Maulidatus Solihah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!