VOKASI UNAIR

Efektifitas Pemberian Ramuan Herbal Daun Seledri (Apium graveolens L.), Akar Alang-Alang (Imperata cylindrica L.), Biji Pala (Myristica fragrans Houtt.), dan Daun Salam (Syzygiumpolyanthum) dalam Menurunkan Tekanan Darah

FEKTIVITAS PEMBERIAN RAMUAN HERBAL DAUN SELEDRI (Apium graveolens L.), AKAR ALANG-ALANG (Imperata cylindrica L.), BIJI PALA (Myristica fragrans Houtt.), DAN DAUN SALAM (Syzygiumpolyanthum) DALAM MENUR.

VOKASI NEWS – Manfaat Ramuan Herbal alami yang dapat menurunkan tekanan darah.

Seledri (Apium graveolens L.) adalah keluarga Apiaceae. Tanaman subtropik seledri dikenal sebagai sayuran dan khasiat obatnya. Akar alang-alang (Imperata cylindrica L.) adalah keluarga Poaceae. Tanaman tropik dan subtropik akar alang-alang dikenal sebagai khasiat obatnya. Biji pala (Myristica fragrans Houtt.) adalah keluarga Myristicaceae. Tanaman tropik pala dikenal sebagai khasiat obatnya. Daun salam (Syzygium polyanthum) adalah keluarga Mytaceae. Tanaman tropik salam dikenal sebagai khasiat obatnya.

Sejarah Seledri, Akar Alang-alang, Biji Pala, Daun Salam

Seledri adalah sayuran dari spesies Apium graveolens L. yang tersebar luas di Asia dan Eropa. Daun dan batangnya dapat dikonsumsi dan telah digunakan sebagai obat alami selama ribuan tahun. Sifat dari seledri adalah sejuk, dengan rasa manis dan sedikit pedas. Hubungan pergerakan organ yaitu limpa dan lambung. Fungsinya antara lain mentonifikasi limpa dan lambung serta mentonifikasi Qi, Yakni dengan membantu pencernaan meredakan perut kembung, meningkatkan nafsu makan serta dapat menghilangkan lembab.

Akar alang-alang adalah tanaman obat dari spesies Imperata cylindrica L. Beau yang tersebar luas di Afrika, Eropa bagian selatan, Turkestan, Afganistan, India, Sri Lanka, Malaysia, Indonesia, Cina, Jepang, Australia dan Florida. Akar alang-alang dapat dikonsumsi dan telah digunakan sebagai obat alami selama ribuan tahun. Sifat dari akar alang-alang adalah sejuk, dengan rasa manis. Hubungan pergerakan organ yaitu limpa dan lambung. Fungsinya antara lain menurunkan panas, meluruhkan kencing, dan menghentikan perdarahan.

Biji pala adalah tanaman obat dari spesies Myristica fragrans Houtt. yang tersebar luas di Indonesia, Grenada, India, Sri Lanka dan Malaysia. Biji pala dapat dikonsumsi dan telah digunakan sebagai obat alami selama ribuan tahun. Sifat dari biji pala adalah hangat dan netral, dengan rasa pedas. Hubungan pergerakan organ yaitu paru dan usus besar. Fungsinya antara lain melancarkan aliran Qi dan darah.

Daun salam adalah tanaman obat dari spesies Syzygium polyanthum yang tersebar luas di Asia Tenggara seperti di pulau Jawa, Kalimantan, Sumatra, Burma, Thailand, Semenanjung Malaya, dan Indochina. Daun salam dapat dikonsumsi dan telah digunakan sebagai obat alami selama ribuan tahun. Rasa dauh ini adalah pedas dan sedikit pahit. Hubungan pergerakan organ yaitu paru dan lambung. Fungsinya antara lain mengurangi sakit pada lambung, menenangkan paru, menenangkan shen, menghilangkan lembab, menenangkan dan mengurangi kecemasan.

Kandungan Seledri, Akar Alang-alang, Biji Pala, Daun Salam

Seledri memiliki kandungan 11,21-diokso-2β, 3β, 15α-trihidroksiurs-12-en-2-O-β-d-glukopiranosid, 21-diokso-3β, 15α, 24-trihidroksiolean-12-en-24-O-β-d-glukopiranosid, apigenin-7-O-[2”-O-(5’’’-O-feruloil)-β-d apiofuranosil-β-d-glukopiranosid, mannitol, apigenin-7-O-glukosida, 7,7-di-O-metilamentoflavon, asam d-galakturonat, l-ramnosa, l-arabinosa, d-galaktosa. Flavonoid (apiin, apigenin, isoquersetin), kumarin (apigravin, apiumetin, apiumosid, bergapten, selerin, selereosid, isoimperatorin, isopimpinellin, ostenol, rutaretin, seselin, umbelliferon, 8-hidroksi-5-metoksipsoralen), mannitol, minyak atsiri (3-butilftalida, limonen, santalol, selenin, sedanenolid, eudesmol).

Akar alang-alang memiliki kandungan golongan triterpenoid, saponin, tannin, sitosterol, stigmasterol, sakarosa, asam kafeat, vanilat, p-kumarat, p-hidroksibenzoat dan ferulat, asam vanilat, p-kumarat, ferulat dan p-hidroksibenzoat dalam bentuk bebas dan asam kafeat dalam bentuk ester, arundoin, silindrin, fernenol, silindol, silindren, graminon dan imperanen.

Biji pala memiliki kandungan turunan alkil benzene miristisin, elemisin, safrol, α-pinen, β-pinen, asam miristat, trimiristin dan minyak atsiri kira-kira 10% terutama terdiri dari terpen hidrokarbon sabinene dan pinen, camfen, p-simen, felandren, terpinen, limonen, mirsen dan 60-80% turunan terpen (linalool, geraniol, terpineol) dan 5-15% fenilpropanoid (miristin, elemisin, safrol, eugenol dan turunan eugenol).

Daun salam memiliki kandungan saponin, polifenol, alkaloid, minyak atsiri (0,05%) yang terdiri atas sitrat, eugenol, tannin, dan flavonoid. Salah satu flavonoid yang terkandung didaun salam adalah kuersetin.

Manfaat Ramuan Seledri, Akar Alang-alang, Biji Pala, Daun Salam

Menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan bersifat diuretik. Selain itu jika dianalisa berdasarkan teori Traditional Chinese Medicine (TCM) ramuan yang digunakan pada penelitian ini bersifat mendinginkan, meluruhkan atau membersihkan panas, menghilangkan lembab, membuang angin, membantu pencernaan, meredakan perut kembung, mentonifikasi Qi, menenangkan dan mengurangi kecemasan sehingga dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

BACA JUGA : Membangun Kolaborasi: Melalui Transformasi Hima D-IV Kearsipan & Informasi Digital Kabinet Naraya

Penulis : Oktaviana Permatasari

Dosen Pembimbing : Myrna Adianti S.Si., M.Kes., Ph. D. dan Nurmawati Fatimah, dr., M.Si

Editor : Maulidatus Solihah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!