VOKASI UNAIR

Membangun Kolaborasi: Melalui Transformasi Hima D-IV Kearsipan & Informasi Digital Kabinet Naraya

Membangun Kolaborasi: Melalui Transformasi Hima D-IV Kearsipan & Informasi Digital Kabinet Naraya_Dokumen Istimewa

VOKASI NEWS – Rapat kerja merupakan agenda pertama dari Badan Pengurus Internal (BPI) Himpunan Mahasiswa D-IV Kearsipan & Informasi Digital Kabinet Naraya. Kegiatan ini diadakan pada Sabtu, 09 Maret 2024 di Aula Tokhtor Eks. Farmasi Lt.3 Kampus B, Universitas Airlangga. 

Rapat kerja awal tahun 2024 dihadiri oleh seluruh anggota pengurus Hima. Terdiri dari Kahima, Wakahima, Badan Pengurus Harian (BPH), Satuan Kontrol Kabinet (SKK) serta seluruh jajaran kepala Departemen/Biro dan staf dari prodi D-IV Kearsipan dan Informasi Digital. Acara diawali dengan penyerahan Surat Keputusan Ketua Hima D-IV Kearsipan & Informasi Digital kepada Biro dan Departemen Kabinet Naraya. Dilanjutkan dengan pemaparan proker dan agenda oleh ketua Biro dan Departemen. Selanjutnya membahas AD/ART yang digunakan sebagai acuan dalam arah gerak organisasi secara komprehensif untuk satu tahun ke depan.

Sidang AD/ART dan FGD Kabinet Naraya

Dalam sidang AD/ART diawali dengan pembukaan oleh presidium lama Musyawarah Mahasiswa. Kemudian dilanjut dengan pembacaan Tata Tertib Rapat Kerja serta untuk pemilihan presidium baru dengan hasil:

  1. Kresno Aryo Wicaksono Putro sebagai Presidium I
  2. Muhammad Zaky Dewananda sebagai Presidium II
  3. Shahrul Fauzi sebagai Presidium III

Tugas presidium dalam rapat kerja adalah memimpin dan mengatur jalannya rapat agar berjalan secara efektif serta efisien. Acara pertama dimulai dengan pembukaan sidang. Kemudian membacakan AD/ART yang langsung diresmikan saat itu juga setelah terdapat beberapa revisi dari peserta/audience yang telah disepakati bersama. Hasil dari AD/ART yaitu peresmian Logo Hima prodi D-IV Kearsipan dan Informasi Digital dan anggota pengurus periode 2024 yang terdiri dari 8 Biro/Departemen, sebagai berikut: 

  1. Biro Kaderisasi dan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (KPSDM)
  2. Biro Hubungan Masyarakat (HUMAS)
  3. Biro Media Komunikasi dan Digitalisasi (MEDKOM)
  4. Biro Ekonomi Kreatif (EKRAF)
  5. Departemen Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (ADKESMA)
  6. Departemen Keilmuan dan Prestasi (ILPRES)
  7. Departemen Pengabdian Masyarakat (PENGMAS)
  8. Departemen Kesenian dan Olahraga (SERAGA)

Setelah rangkaian acara AD/ART resmi ditutup, acara dilanjutkan dengan FGD (Focus Group Discussion) yang terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama yakni penjelasan program kerja Kabinet Naraya dalam 100 Hari kerja. Sedangkan untuk sesi kedua pasca 100 hari kerja. Tujuan dari FGD adalah penyampaian program kerja yang tersusun atas panitia dalam setiap program kerja dengan penjelasan mengenai jobdesc masing-masing divisi serta penyesuaian timeline. Acara ditutup dengan sesi foto bersama oleh seluruh anggota pengurus. 

Suarakan Narasi, Hantarkan Gelombang Karya

Rapat kerja merupakan salah satu agenda rutin yang diadakan pada awal periode kepengurusan Hima D-IV Kearsipan & Informasi Digital. Bertemakan “Suarakan Narasi, Hantarkan Gelombang Karya” dengan harapan adanya rapat kerja ini dapat menjadikan tombak langkah awal dalam membangun Hima Kabinet Naraya membawa perubahan secara nyata, inklusif, kolaboratif, dan inovatif. Kedepannya anggota dapat berpartisipasi aktif dan berkontribusi penuh dengan penyusunan dari beberapa proker maupun agenda yang telah direncanakan dalam memajukan semangat Tridarma Perguruan Tinggi.

Dengan mencapai harapan-harapan ini, rapat kerja ini dapat menjadi sarana yang efektif dalam memajukan kegiatan Hima D-IV Kearsipan & Informasi Digital. Tujuan dari rapat kerja ini yaitu setiap Biro dan Departemen dapat mengusahakan setiap program kerja yang sudah dipaparkan dan mengevaluasi dengan saran beserta masukan dari Ketua Hima maupun staf yang lainnya.

BACA JUGA: Optimalisasi Fungsi Masjid sebagai Pusat Pengembangan Masyarakat

***

Penulis : Erni Erviani dan Syafira Farah Aulia

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!