VOKASI UNAIR

Optimalisasi Fungsi Masjid sebagai Pusat Pengembangan Masyarakat

Optimalisasi Fungsi Masjid sebagai Pusat Pengembangan Masyarakat_Dokumen Istimewa

VOKASI NEWS – Mengoptimalisasi fungsi masjid sebagai pusat pengembangan masyarakat dengan wacana yang mengacu pada nilai dan tujuan.

Berlangsung tanggal 8 Maret 2024, FV UNAIR kembali menghadirkan orang-orang hebat lainnya. Kali ini, Professor Dr. Nangkula Utaberta M.Arch IAI MSSA yang menjadi tamu di FV UNAIR. Di Aula Vokasi Gedung A inilah Prof. Nangkula menyampaikan ilmunya untuk para mahasiswa FV UNAIR yang hadir.

BACA JUGA: Closing Ceremony Malaysian – Indonesian Collegial Summit 2024

Perlu diketahui, Prof. Nangkula merupakan seseorang yang luar biasa di bidang pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat dari background pendidikannya yang merupakan lulusan S1 Arsitektur UI, serta S2 dan S3 di Malaysia. Hingga saat ini, Prof Nangkulan merupakan salah satu dosen tetap di Singapura.

Prof. Nangkula siap membantu mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Hal tersebut terbukti akan kesiapannya untuk membimbing para dosen dan mahasiswa. Begitupun dengan mahasiswa dan dosen yang akan memulai pendidikan S2 dan S3 terkait riset-riset yang relevan dengan kepakaran beliau. Berikut merupakan beberapa prestasi atau penghargaan yang diraih oleh Prof Nangkula dilansir dari website UCSI University.

  1. Anugerah Buku Negara untuk Buku Seni Dan Kreativiti Terbaik, Yayasan Pembangunan Buku Negara (YPBN), Pusat Dagangan Dunia Putra (PWTC), Kuala Lumpur, 2017
  2. Anugerah Staf Akademik terbaik untuk Penerbitan, FRSB, UPM, Academic Awards, 2017
  3. Anugerah Kumpulan Penyelidikan Terbaik untuk Warisan Alam Budaya dan Reka Bentuk Islam (WARIS), Hari Kualiti dan Inovasi Perkhidmatan, Fakulti Reka Bentuk dan Seni Bina, Academic Awards, 2017
  4. Penghargaan Khas bagi Projek Putra Massive Open Online Course (PutraMOOC), Hari Kualiti dan Inovasi Perkhidmatan, Fakulti Reka Bentuk dan Seni Bina, Academic Awards, 2017

Fungsi Masjid dalam Pengembangan Masyarakat

Pada kesempatan ini, Prof. Nangkula akan mengenalkan bagaimana masjid menjadi salah satu titik dalam mengatur kesejahteraan umat. Seperti yang diketahui, masjid merupakan salah satu tempat ibadah yang harus dijaga keberadaannya. Meskipun begitu, selain menjadi tempat beribadah, fungsi masjid juga dapat digunakan untuk kegiatan bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu kegiatan yang mungkin biasa dilakukan, terutama bagi mahasiswa yaitu pengadaan kegiatan kajian islami. Dengan adanya kajian tersebut, masyarat ataupun mahasiswa yang hadir akan mendapatkan ilmu agama yang lebih luas. Tidak hanya itu, beragamnya kajian yang diberikan juga tidak menutup kemungkinan dapat mengembangkan pola pikir masyarakat

Dengan begitu, masjid tidak hanya akan menjadi tempat ibadah di waktu-waktu tertentu, namun juga dapat bermanfaat bagi kegiatan lainnya. Meskipun begitu, kegiatan pengembangan masyarakat yang diadakan di masjid tetap harus dijaga kesopanannya. Dengan kedatangan Prof. Nangkula di FV UNAIR ini, harapannya mahasiswa dan dosen yang hadir dapat mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

***

Penulis: Nayya Illahinsyah Santoso

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!