VOKASI UNAIR

Menyambut Ramadhan, Fakultas Vokasi UNAIR Mengadakan Kajian Keagamaan

Kegiatan Menyambut Ramadhan ala Fakultas Vokasi UNAIR/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Menyambut Ramadhan dengan menyelenggarakan kajian keagamaan bersama Ustadz H. Ahmad Muzakky S. Th.I Al Hafidz di Fakultas Vokasi UNAIR.

Kajian Islam di Fakultas Vokasi mengusung tema “Menyambut Pahala Ramadhan sesuai Tuntunan Al-Quran”

Kajian Ramadhan Bersama Ahmad Muzakky

Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, Fakultas Vokasi pada Hari Jumat (8/3) mengadakan kajian bersama dengan mendatangkan Ustadz H. Ahmad Muzakky S.Th.I Al Hafidz sebagai pemateri. Ustadz tersebut adalah aktivis Dai dan Imam Besar Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Berbeda dengan biasanya, kajian kali ini tidak diadakan di area Masjid Nuruzzaman Kampus B, tetapi bertempat di Gedung Aula Vokasi, Fakultas Vokasi Unair.

Acara ini dihadiri oleh beberapa dosen, tendik, serta mahasiswa Fakultas Vokasi. Tak luput di antaranya ada Dekan Fakultas Vokasi, Prof. Dr. Anwar Ma’aruf, drh., M.Kes. sebagai pembicara pertama yang mengawali acara sebelum sesi kajian dimulai.

BACA JUGA: Closing Ceremony Malaysian – Indonesian Collegial Summit 2024

Sesi pertama pada kajian ini diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Abrian Dwi Nugroho. Disambung dengan sambutan pembukaan oleh Dekan Fakultas Vokasi.

Keutamaan Puasa dan Membaca Al Qur’an

Isi ceramah kali ini, yang disampaikan oleh Ustadz H. Ahmad Muzakky S.Th.I Al Hafidz adalah tentang keutamaan puasa dan membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan, serta larangan-larangan ketika berpuasa di Bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan banyak berkahnya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad dalam Al-Musnad (2/385). Dinilai shahih oleh Al-Arna’uth dalam Takhrijul Musnad (8991)).

Dan setiap muslim pasti sering mendengar bahwa bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Quran. Keutamaan membaca Al-Quran sangat banyak dijelaskan, salah satunya adalah Sabda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam,

Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Di samping isi ceramah tersebut, ada kutipan menarik yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Muzakky yaitu,

“Jangan meminta umur yg panjang, tetapi mintalah umur yg berkah. Karena jika kita meminta umur yg panjang maka kita (akan merasa) takut mati, padahal kematian itu adalah hal yg pasti”

– Ust. Ahmad Muzakky

Sesi selanjutnya diisi dengan tanya jawab yang disampaikan oleh salah satu mahasiswa dan dosen Fakultas Vokasi. Kajian menyambut Ramadhan ditutup dengan doa dan foto bersama di Gedung Aula Vokasi, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!