VOKASI UNAIR

Tidak Hanya Belajar Tentang Dunia Teknik, Prodi TRIK UNAIR juga Belajar Tentang Dunia Medis

Tidak Hanya Belajar Tentang Dunia Teknik, Prodi TRIK UNAIR juga Belajar Tentang Dunia Medis/ dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Program Studi D-IV Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol (TRIK) mempelajari dunia medis yang dikemas dalam mata kuliah Instrumentasi Medis.

Program studi D-IV Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol (TRIK) merupakan prodi dari departemen teknik dibawah naungan Fakultas Vokasi UNAIR. Prodi ini mempelajari tentang dunia instrumentasi, cara penggunaan alat instrumentasi dan juga mengetahui hasil dari alat-alat ukur yang biasa digunakan dalam industri maupun medis. Dari penjelasan tersebut ada hal menarik dari prodi ini, yaitu tidak hanya mempelajari tentang dunia teknik atau pengukuran alat. Namun, prodi ini juga mempelajari dunia medis pada mata kuliah Instrumentasi Medis.

Materi yang diberikan

Menurut Ilham Zaeni dalam bukunya “Dasar-Dasar Elektronika” (2021), Instrumentasi Medis merupakan suatu bidang dalam elektronika yang menggunakan peralatan dan teknologi elektronik untuk aplikasi di dunia medis.  Contoh dari Instrumentasi Medis adalah Radiologi, Ultrasonografi (USG), Elektrokardiogram (EKG), Elektromiografi (EMG), Elektroensefalogram (EEG) dan lain sebagainya. Pada prodi ini, Instrumentasi Medis merupakan mata kuliah yang mempelajari hampir semua contoh alat di dunia medis. Pada pembelajaran teori, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui dunia Instrumentasi Medis dengan pembekalan teori. Pembekalan materi ini berhubungan dengan mata kuliah tersebut sekaligus percabangannya dalam dunia medis. Sedangkan, pada saat praktikum mahasiswa diharapkan mampu membuat alat serupa dalam dunia Instrumentasi Medis. Mahasiswa prodi TRIK diajak untuk keluar dari ‘zona nyaman’ dunia teknik.

Keunikan pada Mata Kuliah Instrumentasi Medis

Hal unik dari mata kuliah ini adalah pada saat praktikum, karena untuk pertama kalinya mahasiswa TRIK menekuni dunia medis. Padahal sebelumnya, mahasiswa prodi TRIK bergelut pada dunia teknik tentang hitungan dan percobaan alat seperti di dunia industri. Oleh sebab itu, mereka terpacu ingin bisa dan semangat mempelajari hal baru ini. 

Mahasiswa/i prodi TRIK akan menggeluti dunia praktikum Instrumentasi Medis selama 1 semester di semester 3. Mahasiswa TRIK akan mempraktekkan langsung bagaimana cara memasang infus, menghitung kadar gula atau garam pada larutan. Selain itu mahasiswa juga dapat menghitung tekanan pada infus dan membuat alat pengukur sinyal jantung atau yang disebut Elektrodiogram (EKG). Inilah yang membuat unik mata kuliah Instrumentasi Medis dan yang membuat mahasiswa TRIK tertantang.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah penting di prodi TRIK karena pada saat akan bekerja nanti akan berhubungan dengan Instrumentasi Medis. Oleh karenanya, mahasiswa diharapkan mampu menerjuni dunia medis tanpa menjadi seorang tenaga medis karena sudah dibekali dasar-dasar tentang Instrumentasi Medis.

BACA JUGA : Kuliah tamu dari Koordinator Program (Keuangan) Fakultas Bisnis & Manajemen UiTM Cawangan Melaka, Malaysia

***

Penulis : Eka Rachma Aprilidanti

Editor : Maulidatus Solihah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!