VOKASI UNAIR

HIMA D3 Akuntansi Fakultas Vokasi UNAIR Menggelar Musyawarah Mahasiswa

Dokumentasi kegiatan musyawarah mahasiswa D3 Akuntansi/dokumentasi mahasiswa

VOKASI NEWS – HIMA D3 Akuntansi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menggelar acara musyawarah mahasiswa.

Himpunan Mahasiswa D3 Akuntansi menyelenggarakan kegiatan Musyawarah pada Sabtu (16/3). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Moh, Hatta Gedung Eks Pusat Bahasa Universitas Airlangga. Musyawarah Bersama atau Musma merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) D3 Akuntansi.  Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan pengurus baru Himpunan Mahasiswa D3 Akuntansi. Selain itu, ada pula serah terima jabatan dengan pengurus lama, dan menetapkan peraturan yang berlaku di lingkup D3 Akuntansi. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh Wahyu Firmandani, S.A., M.Ak. selaku pembina Himpunan Mahasiswa D3 Akuntansi Fakultas Vokasi.

Sidang Musyawarah Mahasiswa

Rangkaian kegiatan musyawarah yang pertama adalah sidang. Tujuan dari sidang ini adalah untuk menetapkan dan mengesahkan peraturan-peraturan terkait D3 Akuntansi. Sidang ini membahas mengenai AD/ART, program kerja dan evaluasi atas kinerja himpunan. Dilaksanakan pula penetapan peraturan lainnya yang terkait dengan program studi D3 Akuntansi. Pelaksanaan sidang dipimpin oleh seorang Presidium yang terdiri dari 3 (tiga) orang. Presidium 1 (satu) bertugas untuk memimpin jalanya sidang. Mulai dari dari membuka sidang, memimpin diskusi dalam sidang, menjaga persidangan agar tetap kondusif, mengambil keputusan dalam sidang, hingga menutup sidang.

BACA JUGA: Upgrading BEM FV 2024: Menyatukan Langkah Menuju Keunggulan

Presidium 2 (dua) bertugas untuk membantu presidium 1 dalam memimpin jalannya diskusi agar lancar dan efektif. Selain itu, presidium 2 (dua) juga harus memastikan bahwa dikusi berjalan dengan tidak memihak atau memaksa peserta rapat dalam menerima sebuah pendapat atau ide.

Terakhir, presidium 3 (tiga) yang bertugas untuk memastikan bahwa fasilitas teknik yang dibutuhkan dalam persidangan telah tersedia dan dapat berfungsi dengan baik. Fasilitas yang dibutuhkan misalnya, laptop, proyektor, sound system, dan lain-lain. Selain itu, presidium 3 juga bertugas untuk melakukan notulensi atau penulisan risalah sidang dari awal hingga akhir.

Serah Terima Jabatan dan Janji HIMA

Acara selanjutnya yaitu serah terima jabatan pengurus Himpunan Mahasiswa yang sebelumya kepada pengurus baru. Tujuan dari serah terima jabatan (sertijab) adalah untuk menjamin kontinuitas kerja, menjalin silaturhami antara pengurus lama dengan yang baru, memberikan pengarahan kepada pengurus baru, dan mencegah kesalahpahaman mengenai tugas dan tanggung jawab. Setelah prosesi Sertijab, pengurus Himpunan Mahasiswa yang baru mengucapkan janji sebagai pengurus HIMA. Pengucapan janji ini merupakan bentuk ikatan tanggung jawab dan pengesahan sebagai pengurus baru himpunan.

Kegiatan musyawarah mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pengurus himpunan dan menjadi wadah bagi mahasiwa dalam menyampaikan aspirasi untuk kemajuan program studi.

***

Penulis : Galuh C.

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!