VOKASI UNAIR

Upgrading BEM FV 2024: Menyatukan Langkah Menuju Keunggulan

foto bersama saat Upgrading BEM FV 2024/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Upgrading BEM FV 2024 diharapkan dapat menyatukan langkah menuju keunggulan.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah ormawa yang memiliki peran penting dalam mewakili mahasiswa dalam kampus. Sebagai wadah aspirasi mahasiswa yang berintelektual, BEM memiliki tanggung jawab besar dalam mengadvokasi kepentingan. Selain itu, berperan juga dalam mengembangkan potensi mahasiswa secara menyeluruh. Guna mengimbangi zaman yang terus berkembang, perlu adanya kegiatan upgrading BEM.

Kegiatan ini diikuti oleh 12 Kementerian pengurus BEM dan telah dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 10 Maret 2024 di Villa Griya Ciptaningati, Pacet, Mojokerto. Upgrading adalah salah satu program kerja dari Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM Fakultas Vokasi (FV) 2024. Kegiatan ini mengangkat tema “Berkolaborasi Menuju Keunggulan Bersama” dengan harapan seluruh anggota BEM FV 2024 dapat mengimplementasikan kolaborasi antar kementerian. Adapun tagline kegiatan Upgrading 2024 adalah “Terhubung untuk Terdepan : Menyatukan Langkah Menuju Keunggulan”.

BACA JUGA: Musyawarah Mahasiswa HIMA AKSO “Satukan Persepsi Kuatkan Sinergi Melalui Musyawarah Membentuk AKSO yang Bergengsi”

Tujuan dari kegiatan yang dilakukan oleh BEM FV Kabinet Gelora Karya 2024 adalah menciptakan komunikasi efektif antar anggota. Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan bonding pengurus. Dalam berorganisasi, bonding yang kuat antar pengurus merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan bersama.

Serangkaian Acara

Ada berbagai rangkaian kegiatan dalam upgrading, diantaranya ialah forum group discussion. Forum group discussion ini bertujuan untuk melatih kreativitas dan critical thinking. Tema yang diangkat ialah kebijakan kampus, kesehatan mental, dan peran ormawa dalam dunia kerja. Selain forum group discussion ada pemaparan berbagai materi, materi pertama adalah materi Public Speaking yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Pergerakan Eksternal, Murphy Dwiki Caesario. Materi kedua adalah materi Sejarah BEM yang disampaikan oleh Presiden BEM FV 2024, Karisma Windu Prabowo. Dan materi yang terakhir adalah materi Manajemen Organisasi yang disampaikan oleh Pak Hanif Fadhillah selaku Pembina BEM FV 2024.

Dengan memahami materi pertama mengenai sejarah BEM, diharapkan seluruh pengurus BEM senantiasa menanamkan jiwa korsa didalam dirinya. Adapun dengan memahami materi kedua mengenai public speaking maka dapat meningkatkan kualitas diri dan soft skills yang dimiliki oleh anggota badan eksekutif mahasiswa. Selain itu, materi terakhir adalah materi manajemen organisasi yang dapat meningkatkan pemahaman terkait pengelolaan organisasi yang baik dan benar sehingga sangat memiliki dampak positif kedepannya dalam berjalannya organisasi BEM 1 periode kedepan.

Setelah berkegiatan mengasah kemampuan critical thinking pada forum group discussion dan pemaparan materi, kegiatan Upgrading juga memiliki games-games yang menarik. Dengan adanya games ini memberikan kesan hangat dan menjadi bonding antar kementerian karena dalam pembagian kelompoknya dalam 1 kelompok terdiri dari gabungan 12 kementerian. Selain itu, games-games ini juga melatih kekompakan, kerja sama tim, dan komunikasi efektif antar anggota kelompok.

Melalui kegiatan Upgrading BEM FV Kabinet Gelora Karya 2024, diharapkan pengurus BEM Vokasi 2024 memahami dan menerapkan konsep kolaborasi dan komunikasi yang efektif agar komunikasi lebih terbuka dan jelas antar anggota tim untuk mencapai tujuan bersama.

***

Penulis : Daninda Aisya Putri

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!