VOKASI UNAIR

Pengalaman Mahasiswa D-III Teknologi Laboratorium Medis UNAIR Melakukan Pelatihan Kerja di RSPAL Dr. Ramelan Surabaya

Pengalaman Mahasiswa D-III Teknologi Laboratorium Medis UNAIR Melakukan Pelatihan Kerja di RSPAL Dr. Ramelan Surabaya_Dokumen Istimewa

VOKASI NEWS – Menambah pengalaman menarik dari kegiatan magang di RSPAL Dr. Ramelan Surabaya oleh mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium.

Pendidikan tinggi berperan sangat penting untuk mengembangkan keterampilan kerja dan mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Magang atau pelatihan kerja memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa untuk memperkuat kompetensi di bidangnya. Tujuan dilakukannya magang adalah untuk memberikan pengalaman kerja dan menerapkan keterampilan serta memperluas jaringan profesional, yang melibatkan penugasan, proyek, dan pembelajaran dari senior, mentor, dan supervisor. 

Magang kerja masuk kedalam mata kuliah wajib yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa semester enam D-III Teknologi Laboratorium Medis Universitas Airlangga. Kegiatan magang dapat dilakukan di Rumah Sakit ataupun di Laboratorium. Kegiatan magang kali ini dilakukan di RSPAL Dr. Ramelan Surabaya selama enam minggu dari tanggal 19 Februari – 29 Maret 2024.

Sekilas tentang RSPAL dr. Ramelan Surabaya

RSPAL (Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut) Dr. Ramelan Surabaya adalah salah satu rumah sakit pemerintah TNI tingkat I atau tipe A yang berada di wilayah Jawa Timur. Rumah Sakit ini merupakan unsur pelaksana Teknik Dinas Kesehatan TNI AL yang berkedudukan langsung dibawah Dinas Kesehatan TNI AL. Rumah sakit ini beralamatkan di Jl. Gadung No. 1, Jagir Wonokromo, Surabaya. 

Selain sebagai tempat pelayanan kesehatan, RSPAL Dr. Ramelan Surabaya juga berperan sebagai rumah sakit pendidikan. RSPAL Dr. Ramelan memiliki berbagai unit Instalasi sebagai pendukung. Terdiri dari instalasi gawat darurat 24 jam, unit rawat jalan dengan berbagai macam poliklinik, tempat tidur perawatan, pelayanan medik spesialis lengkap dan subspesialis, unit bedah sentral, unit hemodialisa, pusat kesehatan jantung, unit penunjang medik, unit penunjang umum, unit instalasi radioterapi, dan lain sebagainya. 

Salah satunya terdapat unit laboratorium dengan fasilitas lengkap dan cepat. Berbagai macam pemeriksaan dilakukan dengan alat kesehatan canggih. Hasil dan identitas pasien sudah terinput di sistem, yaitu SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) dan LIS (Laboratory Information Systems). 

Kegiatan Magang Kerja di RSPAL Dr. Ramelan Surabaya

Laboratorium RSPAL Dr. Ramelan Surabaya secara garis besar dibagi menjadi 2 yaitu, laboratorium PA (Patalogi Anatomi) dan laboratorium PK (Patalogi Klinik). Laboratorium PK dibagi menjadi beberapa bagian yaitu, bagian billing, sampling, bank darah, hematologi, kimia klinik, proses, urinalisis, mikrobiologi, dan imunologi. Mahasiswa yang melakukan magang di RSPAL Dr. Ramelan akan masuk sesuai dengan shift (shift pagi, siang, atau malam) yang didapatkan. 

Bagi mahasiswa yang mendapatkan shift pagi diwajibkan untuk mengikuti apel dan olahraga. Olahraga dilakukan setiap hari Selasa dan Jumat. Terdapat 3 tahap pemeriksaan laboratorium yaitu, tahap pra analitik, analitik, dan pasca analitik. Mahasiswa berkontribusi dalam semua tahapan mulai dari pendaftaran pasien, persiapan alat dan bahan sampel. Hal tersebut termasuk dalam tahap pra analitik, pengolahan sampel dan pengoperasian alat meliputi kalibrasi, quality control, dan running sampel yang termasuk dalam tahap analitik, input hasil hingga penyerahan hasil laboratorium kepada pasien yang termasuk dalam tahap pasca analitik. Mahasiswa juga dibimbing untuk dapat mengoperasikan sistem SIMRS dan LIS. 

BACA JUGA: Kegiatan Magang di UPT Puskeswan Pasirian Lumajang oleh Mahasiswa D3 Paramedik Veteriner

Pengalaman Baru, Ilmu Baru

Kesempatan magang dapat dijadikan mahasiswa sebagai ajang untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Terutama yang telah dipelajari selama perkuliahan meskipun banyak juga pengalaman baru yang tidak diperoleh selama masa perkuliahan. Mahasiswa banyak menemui alat-alat canggih yang ada di RSPAL Dr. Ramelan. Contohnya di laboratorium PK seperti pemeriksaan sedimen urine menggunakan alat Sysmex UF 4000, pemeriksaan darah lengkap menggunakan alat Mindray BC-6800, kultur darah menggunakan BacT alert, pemeriksaan elektrolit menggunakan alat EX-D, crossmatch menggunakan alat Aigel 300, dan lainnya. 

Mahasiswa juga dapat mengetahui bagaimana proses pengambilan sampel BMA (Bone Marrow Aspiration) di laboratorium PK dan FNAB (Fine Needle Aspiration Biopsy) di laboratorium PA. Di laboratorium PA, mahasiswa melakukan kegiatan embedding, sectioning, pengecatan HE (Hematoxylin Eosin), dan mounting

Magang menjadikan mahasiswa memahami bagaimana harus menjaga sikap dan lisan kepada pasien yang memiliki sifat dan kondisi yang berbeda-beda. Selain itu, magang juga memberikan gambaran kepada mahasiswa D-III TLM terkait pekerjaan yang akan dijalani di masa yang akan datang sebagai ATLM (Ahli Teknologi Laboratorium Medis) sehingga magang menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan bagi mahasiswa D-III Teknologi Laboratorium Medis.

***

Penulis: Nadiyatul Mirza Ghurul Aini, Dalliyah Khadlirotul Qudsyiah, dan Fama Wulandari.

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!