VOKASI UNAIR

Sharing Session with Alumni: Life Journey of Becoming a Work Environment Examiner in the Ministry

Sharing Session with Alumni: Life Journey of Becoming a Work Environment Examiner in the Ministry_Dokumen Istimewa

VOKASI NEWS – Pada tanggal 27 April 2024 pukul 08.00, prodi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja baru saja mengadakan Sharing Session With Alumni

Bertempat di GKB Universitas Airlangga Kampus C, kegiatan sharing session with alumni berjalan sangat penuh antusias. Kegiatan kali ini menghadirkan pembicara yaitu alumni inspiratif yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Airlangga. Topik yang dibahas dalam kesempatan ini yaitu “Life Journey of Becoming a Work Environment Examiner in the Ministry”. 

Irwin Farizky Hardiansyah, S.T. merupakan seorang alumni D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Saat ini, Irwan Farizky bekerja di Balai Hiperkes dan Keselamatan Kerja Surabaya, Direktorat Jenderal Pembinaan dan Pengawasan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia as Pengambil Contoh Uji Lingkungan. 

Pendorong Semangat Irwan Farizky Mempelajari K3

Irwin Farizky memulai sesi dengan menceritakan motivasinya memilih karir di bidang kesehatan kerja. Irwan Farizky terinspirasi oleh pengalamannya pribadi saat bekerja di PT. KHARISMA PANDULIMA ELEKTRONIKA. Itu merupakan momen dimana Irwan pernah melihat rekan-rekannya mengalami kecelakaan kerja dan masalah kesehatan akibat paparan bahaya di tempat kerja. 

Hal ini mendorong Irwan Farizky untuk mempelajari lebih lanjut mengenai program keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja berjalan dengan semestinya. Selain itu, Irwan ingin berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi para pekerja. Kemudian pembahasan mengenai proses seleksi dan pendidikan yang telah dilalui untuk menjadi Pemeriksa Lingkungan Kerja di Kementerian Hiperkes dan Keselamatan Kerja Surabaya. Irwan Farizky menekankan pentingnya memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai aspek keselamatan dan Kesehatan bagi para pekerja dan tempat kerja. Termasuk regulasi, standar, dan praktik yang terbaik. 

Pengalaman sebagai K3 di Bidang Industri

Dalam sesi sharing, Irwin Farizky juga berbagi pengalamannya dalam menjalankan pemeriksaan lingkungan kerja di berbagai jenis industri yang pernah ia bekerja. Contohnya seperti manufaktur, konstruksi, dan layanan. Irwan Farizky menjelaskan berbagai bahaya-bahaya yang ditemui di tempat kerja. Salah satunya seperti bahaya fisik, kimia, biologis, dan ergonomis. 

Tidak hanya itu, beliau juga memberikan tips bagi para mahasiswa peserta tentang karir di bidang kesehatan kerja. Irwan menekankan pentingnya memiliki passion dan dedikasi terhadap tentang keselamatan dan kesehatan kerja. Sebagai mahasiswa, kesediaan untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru di bidang ini juga sangat penting untuk dikembangkan. 

Peran Sharing Session bagi Mahasiswa

Acara sharing ini disambut dengan antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa K3. Dengan jumlah 62 peserta. Banyak feedback berupa pertanyaan diajukan kepada pemateri tentang perjalanan karirnya, proses seleksi, dan tips untuk sukses di bidang ini. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Vokasi, Kepala Prodi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Pembina HIMA D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja. 

Selain itu, dosen K3 yang lainnya juga menyampaikan apresiasinya kepada Irwin Farizky atas kesediaannya untuk berbagi pengalaman dan inspiratifnya. Para pimpinan FV UNAIR berharap acara ini dapat memotivasi para mahasiswa untuk menambah wawasan yang nantinya berguna pada saat sudah berkarir terjun di bidang kesehatan kerja. Dengan begitu, mahasiswa dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi para pekerja. 

Ketua Pelaksana Sharing Session juga menambahkan bahwa acara sharing ini merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Selain itu juga diharapkan acara ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang karir seorang HSE bagi para mahasiswa. Acara ditutup dengan sesi yang berkesan yaitu acara games dengan diikuti para peserta. Dalam sesi penutup ini, pemateri memberikan reward kepada 3 pemenang yang berhasil menjawab pertanyaan. 

BACA JUGA: Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Terhadap Praktik Penggunaan Pemantauan Dosis Perorangan Thermoluminescence Dosimeter (TLD) Pada Radiografer Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya

***

Penulis: Wildan Rabiul 

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!