VOKASI UNAIR

Menyibak Sistem Pengendalian Internal Atas Persediaan Suku Cadang di PT Astra Internasional Cabang Kenjeran

Ilustrasi sistem pengendalian sosial di AUTO2000/website resmi auto2000

VOKASI NEWS – Sistem pengendalian internal atas persediaan suku cadang di PT Astra Internasional cabang Kenjeran yang diteliti oleh Mahasiswa Fakultas Vokasi UNAIR.

Secara umum persediaan termasuk dalam golongan aset lancar perusahaan yang memiliki peran penting dalam menghasilkan laba perusahaan. Pada dasarnya persediaan memperlancar atau mempermudah jalannya kegiatan operasi perusahaan yang dilakukan secara terus-menerus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Persediaan (inventories) adalah item aset yang dimiliki perusahaan untuk djual dalam kegiatan bisnis normal, atau barang yang akan digunakan atau dikonsumsi dalam produksi barang yang akan dijual (Monalisa, et al. 2018:59).

Adapun persediaan dikategorikan sebagai barang dagangan yang dimiliki dan disimpan untuk dijual kepada pelanggan. Akun persediaan dilaporkan dalam neraca (balance sheet) sebagai bagian dari kelompok aset lancar. Sementara itu, barang dagangan yang sudah laku terjual akan dilaporkan pada laporan laba rugi sebagai harga pokok penjualan yang akan mengurangi pendapatan penjualan.

Menyibak Pengendalian Internal Persediaan Suku Cadang

Berkaitan dengan persediaan, mahasiswa Fakultas Vokasi UNAIR mengkaji persediaan suku cadang di PT Astra International, Tbk (AUTO2000) cabang Kenjeran. Penjualan suku cadang tidak selalu mencapai target yang ditentukan karena banyak stok yang menumpuk. Deadstock terjadi karena permintaan suku cadang yang rendah dan suku cadang yang tidak diambil oleh pelanggan.

BACA JUGA: Manfaat dan Efek Ergonomi Terhadap Nyeri Leher Pada Remaja

Tujuan mahasiswa Vokasi UNAIR meneliti ialah mengetahuan sistem pengendalian internal persediaan suku cadang yang digunakan oleh PT Astra International Tbk (AUTO2000) cabang Kenjeran. Data yang digunakan pada penelitian mahasiswa ialah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara staf dan data sekunder didapatkan dari dokumen serta sistem PT. Astra Internasiona, TBK (AUTO2000). Pesentase Deadstock melebihi ketentuan yaitu 3% dari target stok setiap bulan. Upaya pengendalian internal yang lebih efektif pada PT. Astra Internasional, Tbk (AUTO2000) dilakukan dengan cara mengendalikan deadstock, mengelola suku cadang, dan melakukan pengawasan terhadap keamanan dan perhitungan fisik suku cadang

***

Nama : Martino Putra Alit

Nama Pembimbing : Prasetyo Widyo Iswara

Prodi :  D-3 Akuntansi

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!