VOKASI UNAIR

Kuliah Tamu : Vokasi Menjawab Tantangan Sosial Ekonomi Saat Ini dan Masa Depan

Vokasi News – Pada Jumat (24/9/21) Fakultas Vokasi Unair mengadakan Kuliah Tamu dengan membahas sosial ekonomi dimasa kini dan masa depan, kuliah tamu yang diusung secara daring ini dihadiri oleh Dekan FV UNAIR Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M.Kes., jajaran dekanat lainya dan para dosen-dosen FV UNAIR serta mahasiswa FV UNAIR yang tak kalah antusiasinya.

Kuliah Tamu ini mendatangkan pembicara yaitu Sigit Iko Sugondo selaku Praktisi Filantropi. membahas tentang berdampaknya pertumbuhan penduduk dengan meningkatnya kebutuhan pangan, lapangan kerja, lahan pemukiman hingga air bersih. Dalam hal ini pun Bapak Sigit selaku pembicara memberikan beragam inovasi untuk mengimbangi dampak buruk dari pertumbuhan penduduk seperti Meningkatkan sumber daya manusia, Menumbuhkan perekonomian masyarakat, Meningkatkan peran sektor informal.

Pembahasan Kuliah Tamu ini pun mengusung studi kasus tentang peran kebun kelapa sawit umtuk media tempat belajar dan pencegahan dari kenakalan remaja, seperti yang kita ketahui dalam menanam pohon kelapa sawit memerlukan keterampilan khusus dan sangat teliti untuk menghasilkan tanaman yang berbuah dengan bagus. dengan pembelajaran untuk menanam pohon sawit ini, orang tua bisa mengajarkan anak-anak nya dan mengalihkan fokus anak mereka untuk menanam dan terhindar dari pergaulan yang kurang baik dilingkungan sekitar.

Dalam hal ini pun Bapak Sigit mengenalkan tentang Sanggar Vokasi Desa yang merupakan tempat untuk meningkatkan keahlian masyarakat sesuai dengan potensi desa khususnya bagi petani, pekebun, peternak dan lain sebagainya. dalam program ini terdapat pembelajaran selama 4 bulan dengan fokus prodi Budidaya Tanaman Pangan dan Horikultura, Budidaya Perikanan Darat, dan Budidaya Pertenakan Ruminansia.

“Melalui adanya kuliah tamu dapat memberikan insight baru atas potensi pendidikan vokasi yang mampu menjembatani pengentasan sosial ekonomi yang didukung dengan inovasi kelembagaan penunjang” ujar Ibu Hanifiyah Dosen FV UNAIR

 

Penulis : Bella Vionyta Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!