VOKASI UNAIR

HIMA D3 SISTEM INFORMASI MEMBERIKAN FASILITAS COACHING OF PKM UNTUK MAHASISWA BARU TAHUN 2021

VOKASI NEWS – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu program yang dapat menampung ide-ide kreatif para mahasiswa yang akan diimplementasikan pada masa perkuliahan. Program ini dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. PKM memiliki 4 jenis yakni PKM 5 bidang, PKM Karya Ilmiah, PKM Berbasis Media Sosial, PKM Karya Inovatif. Seluruh jenis PKM tersebut dapat dijabarkan kembali. PKM 5 bidang terdiri dari, PKM-Research (PKM-R), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Kemudian, PKM Karya Ilmiah terdiri dari,  PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Setelah itu ada, PKM berbasis media sosial yaitu PKM Gagasan Futuristik (PKM-GFK) dan yang terakhir PKM Karya Inovatif (PKM-KI). Di setiap bidang PKM memiliki aturan kepenulisan tersendiri yang perlu diperhatikan agar mencapai tahap yang telah direncanakan yaitu PIMNAS.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau biasa disebut PIMNAS bukanlah sebuah ajang perlombaan saja, tetapi sebuah puncak pertemuan nasional mahasiswa yang membawakan karya perwujudan kreativitas dan inovatif di bidang akademik oleh perguruan tinggi. Melalui PIMNAS mahasiswa dapat mengomunikasikan dan mempresentasikan karya produk yang telah dibuat selama beberapa bulan terakhir oleh mahasiswa. Karena itu, segenap HIMA D3 Sistem Informasi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga ingin membantu mahasiswa prodi D3 Sistem Informasi tahun ajaran 2021 untuk memperkenalkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai modal awal mereka dalam melatih kepenulisan PKM nantinya dengan menyelenggarakan Webinar Coaching of PKM (CPKM). Harapan diadakan CPKM 2021 ini supaya mahasiswa baru prodi D3 Sistem Informasi memiliki bekal mengenai PKM, dapat menyalurkan ide dan karya melalui PKM, memberikan pengetahuan hal-hal yang harus dilakukan dan hindari mengenai kepenulisan PKM, bekerjasama antar tim yang telah dibuat untuk berkompetisi di akademik membawa nama perguruan tinggi hingga mencapai prestasi ke PIMNAS.

Acara Coaching Of PKM bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam memperkenalkan PKM dan memberikan tips. Harapannya supaya proposal dapat didanai dan  dapat mencetak prestasi hingga ke PIMNAS. Meskipun masih di era pandemi Covid-19, tidak melunturkan semangat mahasiswa dalam membuat karya ilmiah yang menghasilkan produk luaran yang inovatif. Adanya kelompok PKM membantu untuk saling menguatkan, bekerja sama dalam menyusun proposal dan mengembangkan ide. Melihat kondisi saat ini, program tahunan yang diadakan oleh HIMA D3 Sistem Informasi, Coaching Of PKM, mengusung tema “Sinergi Generasi Muda Di Era Pandemi Melalui PKM“.

CPKM 2021 diselenggarakan oeh ketua pelaksana Agiftsany Azhar, pada hari Sabtu, 25 September 2021, dimulai pukul 08.00 WIB. Mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut dilaksanakan secara online menggunakan platform Zoom Meeting. Acara berlangsung di bawa oleh MC bernama Afifah Aghnia Mumtaz, serta di moderatori oleh Nadya Lovita Sari dari mahasiswa D3 Sistem Informasi. CPKM 2021 menghadirkan pembicara yang sudah berkompeten dibidang PKM dan memiliki banyak pengalaman juara di PIMNAS ke-32, yaitu kak Ningsih Putri Herman. Selain itu, Webinar CPKM 2021 ini dihadiri dan diberi sambutan oleh oleh Bapak Rachman Sinatriya Marjianyo, B.Eng., M.Sc. selaku ketua prodi D3 Sistem Informasi dan sambutan dilanjutkan oleh Ibu Tesa Eranti Putri,S.Kom., M.Kom. selaku Pembina HIMA D3 Sistem Informasi.

Ketua prodi D3 Sistem Informasi saat memberi sambutan

dalam “CPKM 2021” (Foto: Ari Lathifatul Chusna)

Kak Ningsih saat  menyambut mahasiswa D3 Sistem Informasi

dalam “CPKM 2021” (Foto: Ari Lathifatul Chusna)

Kak Ningsih saat memberikan materi

dalam “CPKM 2021” (Foto: Ari Lathifatul Chusna)

Pembicara pada Coaching of PKM tahun 2021 pada (25/09/2021) mengatakan,  “Apabila sudah pernah mendapatkan pendanaan satu kali saja maka akan ketagihan untuk mengikuti PKM di periode selanjutnya”, ujar Kak Ningsih.

Seperti yang sudah-sudah, bahwa PKM adalah program yang sangat menarik untuk diikuti karena memiliki banyak manfaat yang banyak. PKM juga bisa disebut suatu permulaan untuk pembekalan mahasiswa sebelum menempuh skripsi atau tugas akhir, karena mengajarkan mahasiswa untuk kreatif dalam berpikir dan kritis dalam meriset segala hal yang akan dimasukkan dalam laporan proposalnya. Setelah materi, dilanjutkan sesi tanya jawab oleh peserta Webinar Coaching Of PKM 2021.

Sesi tanya jawab kepada Kak Ningsih

dalam “CPKM 2021” (Foto: Ari Lathifatul Chusna)

Pada sesi tanya jawab, peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan mengenai seputar PKM. Setelah sesi tanya jawab usai, kemudian panitia penyelenggara melanjutkan ke games kahoot untuk meninjau seberapa jauh kepahaman mahasiswa dari materi yang sudah dipaparkan oleh Kak Ningsih.

Acara diakhiri dengan sesi dokumentasi dan penyerahan sertifikat secara simbolis ke Pembicara. Kemudian, Afifah Aghnia Mumtaz, selaku MC menutup acara Webinar Coachinng Of PKM 2021.

 

Penulis : Ari Lathifatul Chusna

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!