VOKASI UNAIR

Mengkaji Fungsi dari Legislasi di Masa Pandemi melalui Webinar Legislation Class

VOKASI NEWS – Legislasi memiliki beberapa fungsi untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam ranah universitas, terdapat pula legislasi atau undang-undang yang dibuat oleh Badan Legislatif Mahasiswa. Badan Legislatif Mahasiswa menjalankan fungsi legislatifnya dengan memahami bagaimana proses pembuatan undang-undang yang baik. Sejak terjadinya pandemi Covid-19, banyak peraturan yang berubah untuk menjaga warga Indonesia agar terhindar dari virus Covid-19, sehingga mahasiswa perlu mengkaji perbedaan penerapan fungsi legislasi saat pandemi dengan sebelum terjadinya pandemi. Selain itu, wawasan legislatif sangat diperlukan bagi mahasiswa agar dapat menjadi legislator muda yang bertanggung jawab dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk membantu mahasiswa mengkaji perbedaan fungsi legislasi disaat dan sebelum terjadinya pandemi, Badan Legislatif Mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan webinar Legislation Class yang bertema Mengkaji Fungsi Legislasi di Kala Pandemi. Diharapkan dengan adanya Webinar ini, mahasiswa dapat memahami perbedaan fungsi legislasi disaat dan sebelum terjadi pandemi serta dapat menambah wawasan legislatif yang sangat penting bagi legislator muda.

Sesi pertama disampaikan oleh Nur Sahila selaku ketua Dewan Legislatif Mahasiswa Universitas Airlangga tahun 2021. Beliau memberikan pengetahuan tentang bagaimana proses pembuatan undang-undang dengan benar serta mengkaji perbedaan fungsi legislasi disaat dan sebelum terjadi pandemi. Menurut Nur Sahila, pandemi berdampak dalam susunan organisasi karena peraturan sidang maupun rapat juga berubah saat diadakan secara online.

Namun, meskipun terdapat beberapa dampak dalam berorganisasi, Nur Sahila mengatakan bahwa, “Perubahan di sebuah organisasi itu dibutuhkan dan sangat penting agar organisasi itu dapat tumbuh. Karena organisasi harus dapat mengikuti arus yang ada agar terhindar dari adanya dimakan zaman. Dan sebetulnya, pandemi adalah sebuah tantangan dan fenomena agar kita dapat keluar dari zona nyaman.” Tuturnya saat menjawab pertanyaan dari salah satu peserta.

Sesi kedua disampaikan oleh Dewi Milenia Alamia selaku ketua Majelis Perwakilan Mahasiswa Universitas Airlangga tahun 2020. Beliau menyampaikan pengalamannya selama menjalankan fungsi legislatif serta manfaat mempelajari fungsi legislasi. Mempelajari ilmu legislasi dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya lembaga legislatif, menumbuhkan bibit unggul legislator muda, dan membuat suatu gerakan perubahan yang berguna untuk kegiatan kemahasiswaan. Selain itu, Dewi Milenia juga memberikan tips agar kegiatan akademik dengan organisasi dapat berjalan seimbang.

Webinar Legislation Class tahun 2021 dihadiri oleh lebih dari 300 peserta. Angka peserta melebihi target dari panitia sehingga ketua badan legislatif mahasiswa mengucapkan terima kasih banyak kepada peserta atas antusiasme mereka dalam webinar tahun ini. Diharapkan dengan adanya webinar ini dapat memberikan ilmu dan bermanfaat bagi peserta. Semoga peserta dapat menerapkan ilmu yang telah didapat di kehidupan sehari-hari.

 

Penulis: Adinda Qurota Ayun / D3 bahasa Inggris

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!