VOKASI UNAIR

Mahasiswa Manajemen Perhotelan Lolos Ke Final Iwarebatik Hackaton Ideas International Event

VOKASI NEWS – Mahasiswa Manajemen Perhotelan khususnya angkatan 2020 berpartisipasi dalam Kompetisi Iwarebatik Hackaton Ideas Event yang diselenggarakan oleh iWareBatik dan juga didukung langsung oleh UNESCO dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Competition hackathon iWareBatik ini merupakan kegiatan lanjutan dari workshop user experience yang telah dilaksanakan pada September 2021. Pada akhir kegiatan workshop, mahasiswa diminta untuk membuat essay mengenai ide pengembangan teknologi yang dapat menunjang aplikasi iWareBatik. Dari setiap mahasiswa yang mengikuti workshop tersebut, dipilihlah 5 essay terbaik dari masing-masing Universitas. Mahasiswa di seluruh Indonesia sekitar 926 mengikuti workshop tersebut, dan terpilihlah 156 delegasi dalam semifinal hackathon event.

Event ini mengusung lomba kreativitas mahasiswa dalam menciptakan inovasi untuk pengembangan aplikasi Iwarebatik melalui ide yang beraneka ragam. Juri event Internasional ini berasal dari 3 negara yang berbeda yaitu Lea Hasenzahl seorang warga negara Jerman, Ella E. Békési warga Hungaria, dan Puspita Ayu PermataSari dari Indonesia. Event ini diikuti oleh mahasiswa dari 33 Universitas di Indonesia yang melakukan presentasi ide kreatif mereka masing-masing dalam Bahasa Inggris pada Jum’at, 15 Oktober 2021 ditayangkan secara Live di Youtube Channel IWareBatik. Dari ke-33 tim Universitas, hanya 15 Universitas saja yang lolos masuk ke babak final. Tim Universitas Airlangga berhasil menjadi salah satu finalist yang diketuai oleh Krisna Dwi Fauzy. Para finalist akan berlomba kembali untuk memperebutkan juara 1,2,3 pada hari Jum’at, 29 Oktober 2021.

Event lomba internasional ini tidak hanya akan menambah pengalaman mahasiswa tetapi juga memberikan saran dalam pengembangan aplikasi ini. Ibu Umi Farichah Bascha, SE., MM., CHE. merupakan dosen pendamping tim Universitas Airlangga yang turut mendampingi mahasiswa sejak workshop hingga proses brainstorming menuju Final. “Saya turut mendampingi proses diskusi tim yang sangat intensif dengan ide cemerlang mereka. Pencapaian yang membanggakan bisa lolos melaju ke final, saya harap semangat tim tidak luntur hingga hari final nanti.” Ungkap Ibu Umi. Tim dari Universitas Airlangga ini mengusung tema Game yang mana merujuk pada data statistic yang menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah download permainan terbanyak di Asia tenggara. “Mengingat akan banyaknya informasi seputar batik dan juga motif yang beragam, minat remaja dalam bermain game di Indonesia yang sangat tinggi akan sangat berpotensi untuk ditransformasi ke dalam game agar menarik minat anak muda terhadap budaya batik itu sendiri”, ungkap Sadila Hidayati anggota tim Universitas Airlangga. “Ide kami akan sangat bermanfaat, tidak hanya untuk aplikasi Iwarebatik, tetapi juga untuk masyarakat umum, ini bukan hanya sekedar game tetapi kami desain dengan High Order Thinking Skill agar pengguna tidak hanya mendapatkan manfaat hiburannya saja, melainkan juga mendapat ilmu yang bermanfaat”, pendapat Maharani Savitrie anggota tim Universitas Airlangga.

 

Penulis : Krisna Dwi Fauzy

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!