VOKASI UNAIR

TORAKS (Training Preparation for Works) 2022

Himpunan Mahasiswa Prodi D-IV Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Vokasi menyelenggarakan webinar dan kegiatan bimbingan Training Preparation for Works (TORAKS 2022). Dengan mengangkat tema “Good CV, Good Interview, Good career”, webinar ini ditujukan untuk mahasiswa umum, khususnya mahasiswa tingkat akhir Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. TORAKS diselenggarakan secara daring pada Sabtu dan Minggu (23-24/04/2022).

Hari pertama dihadiri oleh Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes., drh selaku Dekan Fakultas Vokasi. Beliau menuturkan bahwa TORAKS merupakan kegiatan yang sangat penting dalam memberikan pengalaman dan kompetensi untuk persiapan setelah lulus dari perguruan tinggi. Begitu pula dengan Nafiah Yusri Laila selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan harapannya agar para peserta dapat memperluas pengetahuan, relasi, dan mendapat feedback dalam persiapan memasuki dunia kerja nantinya. 

Pembicara pada hari pertama yakni Rezza Citraini merupakan seorang Human Resource Development lulusan S1 Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Beliau membawakan materi mengenai “Pembuatan CV Kreatif, Inovatif, dan Proaktif”. Ia menjelaskan perbedaan antara resume dan CV serta bagaimana membuat CV yang baik dan benar. Kesalahan dalam membuat CV seperti typo, terlalu kreatif dan tidak sesuai kebutuhan perusahaan, menulis sesuatu yang tidak valid, terlalu panjang, serta satu CV untuk semua posisi harus dihindari agar dapat menarik perhatian recruiter.

Hari kedua diisi dengan materi tentang “Making an Impactful Job Application”. Vania Christiawantho sebagai pemateri menjelaskan bagaimana interview yang baik dan benar, Vania Christiawantho sendiri lulusan dari Universitas Indonesia dan telah memiliki banyak sekali pengalaman kerja yang sangat menarik. Beliau mengatakan CV atau interview hanyalah rangkaian dari job requirement namun yang paling penting yaitu pengalamannya.

“Banyak orang yang bilang langkah awal sebelum di interview yaitu job application atau upload CV namun dari sudut pandang saya itu dimulai dari build capacity/membangun kapasitas diri lalu melihat track record kemudian mempunyai koneksi yang banyak dan mengetahui bahwa dirinya memiliki nilai atau value,” tuturnya.

Webinar TORAKS hari pertama dan kedua ditutup dengan sesi diskusi dan games. Beberapa peserta dengan pertanyaan terbaik akan mendapatkan hadiah. Adapun challenge membuat CV kreatif yang hanya dapat diikuti oleh peserta TORAKS diadakan untuk mengasah kemampuan para peserta.

Penulis: Zulfa Afifa A & Fitriana Puspa A

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!