VOKASI UNAIR

Kegiatan PKL Ke 2 sebagai Wadah Mahasiswa PAR dalam Observasi Keberlanjutan Destinasi Pariwisata

VOKASI NEWS – Hari pertama pada pukul 19.00 WIB kita kumpul di Gedung B Fakultas Vokasi untuk melakukan registrasi dan persiapan berangkat menuju Pelabuhan Jepara. Pada pukul 21.30 kita mulai perjalanan menuju Jepara, kita melewati jalan tol dan  beberapa jam kemudian kita berhenti di rest area Ngawi untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Setelah 1 jam berhenti di Rest Area sekita pukul 01.00 kita melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Jepara. Pukul 06.00 WIB  kita sudah sampai di Pelabuhan Kartini Jepara dan akan melanjutkan penyebrangan menuju Karimun Jawa pada pukul 09.00 WIB.

Setelah melakukan penyebrangan dengan menggunakan Bahari Express kira – kira 2 jam setengah perjalanan menyebrang ke Karimun Jawa, setelah sampai di Karimun Jawa,  semua mahasiswa diantar menggunakan Shuttle ke Homestay masing – masing untuk membersihkan diri dan makan siang, setelah semuanya selesai membersihkan diri dan makan, semua mahasiswa diminta untuk memakai Almamater untuk kunjungan ke desa desa setempat, disana kita di beri banyak ilmu dan banyak info tentang desa yang ada di Karimun Jawa.

Setelah melakukan wawancara di kepala desa setempat kami melanjutkan perjalanan menuju Bukit Love untuk melihat sunset, semua di kumpulkan di sana untuk melihat keindahan Karimun Jawa dari atas bukit, menjelang maghrib semua kembali ke Homestay untuk membersihkan badan dan persiapan untuk makan malam. Setelah makan malam, semua mahasiswa 2020 dikumpulkan di satu homestay untuk melakukan presentasi hasil wawancara tadi dengan kepala desa setempat itu terjadi sampai larut malam, dan setelah itu semua kembali ke homestay masing – masing untuk beristirahat.

Di pagi keesokan harinya kegiatan Praktik Kuliah Lapangan berlanjut ke kota Wonosobo, tepatnya di Kecamatan Dieng. Kami melakukan perjalanan dari Karimun Jawa menggunakan Bahari Express hingga ke Pelabuhan Jepara, Nahkoda yang mengendarai sempat kita temui dan kami bertanya seputar tentang Karimun jawa

“Lain kali coba lagi kesini mas coba pulau-pulau lain yang ada di Karimun Jawa itu merupakan pengalaman yang tidak kalah seperti Nusa penida di Bali” Ujar pak Wahyu.

Setelah sekitar 2-3 Jam melakukan perjalanan ke Pelabuhan Jepara Rombongan diharap bergegas untuk berkumpul dan bersiap di bus masing-masing. Selanjutnya setelah melewati perjalanan panjang yang melelahkan dari Jepara ke Wonosobo pukul 01.00 PM, kami sampai pada homestay yang berada di Dieng. Dalam rencananya kami diharapkan untuk beristirahat dengan waktu terbatas karena akan melihat sunrise di Dieng. Pak Athink selaku koordinasi travel menghimbau untuk segera dalam melihat sunrise karena memang waktu kita yang sangat terbatas, belum lagi mengunjungi objek wisata yang lainnya. Setelah mengunjungi Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna Puas kami dalam mengobservasi lingkungan juga menikmati pemandangan yang disediakan oleh alam. Akhirnya di jam 17.00 kami siap untuk pulang perjalanan ke Unair Kampus B. Diharapkan, PKL selanjutnya bisa membuat mahasiswa aktif untuk mengonservasi wisatawan, lingkungan objek wisata dan lainnya.

Penulis : Arya Penatas
Editor : Alya Naura

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!