VOKASI UNAIR

PRAKTIK KULIAH LAPANGAN D4 DESTINASI PARIWISATA

VOKASI NEWS – Mahasiswa D4 Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga telah melakukan kegiatan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) yang dilaksanakan pada 3-8 Juli 2022 di Taman Nasional Karimunjawa – Dieng. Peserta dari PKL saat ini adalah seluruh angkatan 2020-2021 prodi D4 Destinasi Pariwisata. Setelah vacuum beberapa waktu yang dikarenakan adanya pandemi, akhirnya prodi D4 Destinasi Pariwisata dapat melaksanakan Kembali kegiatan PKL di Karimunjawa.

Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah agar mahasiswa mampu mempelajari berbagai hal yang menyangkut pada perkembangan pariwisata di Karimunjawa dan Dieng yang dilakukan secara terjun langsung ke lapangan. Mahasiswa melakukan observasi secara langsung, seperti ke kepala desa, masyarakat, hingga beberapa tempat wisata. Tempat wisata yang dikunjungi adalah Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa, Pantai Tanjung Gelam, Bukit Love, Kawah Sikidang, Maha Sky Batu Angkruk Dieng, Telaga Warna, dan Candi Arjuna. Memang kegiatan ini hanya terlihat seperti hanya liburan semata. Namun, dibalik liburan ini mahasiswa dapat menemukan berbagai pengalaman hingga ilmu yang bermanfaat bagi kemajuan pariwisata di Indonesia.

Dalam PKL kedua dalam 2022 ini, mahasiswa mendapat banyak ilmu yang bermanfaat. Dengan dipertemukannya berbagai biota laut dan darat, keberhasilan dan kegagalan pengelolaan pariwisata, hingga bertemu pada masalah sosial yang terjadi di masyarakat secara langsung, maka mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri. Beberapa dosen mata kuliah juga ikut serta dalam kegiatan ini, dengan tujuan yaitu memonitoring kegiatan mahasiswa selama melakukan perjalanan kegiatan praktikum. Adanya evaluasi yang dilakukan oleh dosen kepada mahasiswanya, mahasiswa menjadi lebih mampu mengasah kemampuan yang telah di pelajari selama belajar di D4 Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga. Ilmu ini dapat menjadi bekal kelak bagi mahasiswa D4 Destinasi Pariwisata, sehingga menjadi generasi pariwisata yang hebat.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!