VOKASI UNAIR

Praktik Kuliah Lapangan Karimunjawa – Dieng: Melatih Skill Praktikum di Lapangan Program Studi D4 Destinasi Pariwisata

VOKASI NEWS – Latar Belakang Taman Nasional merupakan kawasan yang dirancang untuk mencegah eksploitasi sumber daya yang berlebihan dan melindungi keutuhan ekologi, memberikan bantuan untuk kegiatan ilmiah, pendidikan, dan rekreasi yang berwawasan lingkungan. Taman Nasional Karimunjawa terdiri atas gugusan 22 buah pulau kecil. Dari jumlah hanya ada 4 pulau yang ada penduduknya, antara lain Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, dan Pulau Parang. Tiap pulau memiliki keindahan pantai yang menakjubkan.

Karimunjawa merupakan kepulauan yang ada di Laut Jawa dan masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa berjarak kurang lebih 83 km ke utara Jepara. Potensi utama di Karimunjawa adalah keindahan alam bawah lautnya dengan aneka ragam biota laut. Jenis kegiatan perikanan di Kepulauan Karimunjawa adalah perikanan tangkap dan perikanan budidaya. Pasar karimunjawa terletak disamping kantor Kecamatan Karimunjawa yang merupakan pusat jual beli berbagai macam keperluan untuk masyarakat Karimunjawa. Melihat laju pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi di masyarakat kepulauan Karimunjawa merupakan suatu sumber tekanan bagi ekosistem yang ada, terutama ekosistem perairan. Misalnya eksploitasi yang berlebihan karena faktor kebutuhan ekonomi yang meningkat yang dapat mengakibatkan pengrusakan lingkungan. 

Tujuan Praktek Kerja Lapangan

  1. Mengetahui keanekaragaman jenis ikan hasil tangkapan nelayan Karimunjawa Kepulauan Karimunjawa.

Manfaat Praktek Kerja Lapangan

  1. Bagi Penulis
    a. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama di tempat perkuliahan.
    b. Mendapatkan informasi jenis-jenis tangkapan nelayan di Karimunjawa.
  2. Bagi Lembaga (Balai Taman Nasional Karimunjawa)
    a. Terjadinya kerjasama yang saling menguntungkan antara instansi tempat PKL dengan Program stadi D4 pariwisata unair

Taman Nasional Karimunjawa terdiri dari 22 pulau dan memiliki lima tipe ekosistem yaitu terumbu karang, padang lamun dan rumput laut, hutan mangrove, hutan pantai, serta hutan hujan tropis dataran rendah, merupakan habitat dari berbagai flora khas seperti Dewadaru (Fragaea fagran), Kalimasada (Cordia subcordata), Setigi (Pemphis acudula) dan fauna yang dilindungi seperti Penyu hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Junai Emas (Caloenas nicobarica), dan Keong Gelung (Nautilus pompillus). Taman Nasional Karimunjawa terkenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata laut yang digemari oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Berbagai atraksi wisata seperti keindahan alam bawah laut, panorama pantai, sunset, dan budaya masyarakat setempat merupakan daya tarik yang mengundang decak kagum.

Penulis : Safirah
Editor : Alya Naura

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!