VOKASI UNAIR

Praktik Kuliah Lapangan Prodi Destinasi Pariwisata

VOKASI NEWS – Mahasiswa prodi D4 Destinasi Pariwisata untuk kedua kalinya di tahun ini melaksanakan kegiatan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) pada tanggal 3-7 Juli 2022. Dalam kegiatan PKL ini diikuti oleh mahasiswa semester 2 angkatan 2021 dan mahasiswa semester 4 angkatan 2020. Dalam PKL ini, para mahasiswa dilatih untuk mampu mengelola sebuah perjalanan wisata yang mencakup pengelolaan paket wisata serta menganalisis kondisi suatu obyek wisata di lapangan.

Kegiatan PKL ini, mahasiswa pariwisata angkatan 2021 di tunjuk sebagai tender untuk melaksanakan dan mengatur jalannya PKL ini. PKL kedua di tahun 2022 ini diadakan selama 5 hari 4 malam di provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Pulau Karimunjawa dan Dieng.

Mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 ditugaskan untuk membuat laporan dan project video di beberapa mata kuliah di setiap wisata yang dikunjungi. Mahasiswa dituntut untuk mempresentasikan hasil yang didapat. Tujuannya adalah untuk melatih publik speaking individu. Presentasi ini dilakukan secara intensif

Pada hari pertama dan kedua, mahasiswa pariwisata mengunjungi obyek wisata di Pulau Karimunjawa seperti Bukit Love, Pantai Menjamgan Kecil, Snorkling di Taka Sendok, dan menikmati sunset di Pantai Ujung Gelam. lalu pada hari ketiga dan keempat mengunjungi destinasi di Dieng Wonosobo dan Dieng Banjarnegara seperti, Candi Arjuna, Telaga Warna, Bukit Angkruk, dan Kawah Sikidang.

Sebagai mahasiswa pariwisata tidak hanya terfokus pada aktivitas jalan-jalan saja, tetapi harus memahami aspek yang terkandung dalam setiap komponen perjalanan pariwisata. Kegiatan praktik kuliah lapangan ini berguna untuk membekali kemampuan mahasiswa mengenai pengelolaan suatu destinasi wisata

Dosen Mata Kuliah Manajemen Transportasi Andi Estetiono menjelaskan bahwa “dalam kegiatan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) diharapkan mahasiswa bisa memahami dan mencerna informasi yang di dapat saat berada di suatu destinasi wisata, tidak hanya menerima secara langsung tetapi juga memperhatikan bukti yang otentik”.

Penulis: Rahmat Yoko S.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!