VOKASI UNAIR

PERBEDAAN PRAKTEK KULIAH LAPANGAN PRODI D3 KEPARIWISATAAN/BINA WISATA DENGAN D4 DESTINASI PARIWISATA

VOKASI NEWS – Tanggal 3 Juli tepatnya hari Minggu prodi D4 Destinasi Pariwisata melakukan Praktek Kuliah Lapangan yang kedua pada tahun 2022. PKL ini dilaksanakan di Karimunjawa-Dieng dan diikuti oleh mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Angkatan 2021 ditunjuk sebagai pantia dalam kegiatan Praktek Kuliah Lapangan kali ini.

Untuk angkatan 2020, ini kali kedua mengikuti PKL yang sebelumnya telah diikuti pada Bulan Januari lalu. Sebelumnya, PKL ke Karimunjawa sudah dilaksanakan pada tahun 2019 silam.

“Ini kali kedua kami mengunjungi Karimunjawa setelah terakhir kami mengunjungi 3 tahun lalu” Ujar Bu Sri Endah Nurhidayati, S,Sos, M.Si

Pada PKL kali ini hari pertama mengunjungi salah satu desa yang ada di Karimunjawa yaitu Desa Kemujan dan didampingi Bu Sri Endah Nurhidayati, S.Sos, M.Si dan Bu Upik Dyah Eka Noviyanti S.ANT., M,A, selaku dosen Prodi D4 Destinasi Parwisata. Kami mengunjungi kantor petinggi kemujan untuk wawancara dan observasi terkait apa saja aspek dan prinsip destinasi pariwisata berkelanjutan yang ada di Desa Kemujan.

“Mahasiswa dipersilahkan bertanya terkait aspek budaya, sosial, politik, lingkungan mengenai pariwisata berkelanjutan lalu mengisi lembar observasi sesuai data yang diperoleh” ujar Bu Upik Dyah Eka Novianti S.ANT., M,A, selaku dosen mata kuliah Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

Banyak pertanyaan yang dilemparkan kepada petinggi desa kemujan. Bapak Abdul Raak selaku Kepala Dusun Batu Lawang dengan senang hati menjawab pertanyaan yang dilemparkan dosen maupun mahasiswa.

“Kami berusaha keras agar keanekaragaman yang ada di Taman Naional Karimunjawa tetap terjaga dan lestari, bertahan hingga jangka panjang. Apabila ada yang melakukan pelanggaran kami melakukan tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku” ujar Kepala Dusun Batu Lawang

Itulah perbedaan yang dirasakan khususnya angkatan 2020 pada PKL tahun ini. Ada tiga mata kuliah baru di Prodi D4 Destinasi Pariwisata yaitu Pariwisata dan Konservasi (Ekowisata), Destinasi Pariwisara Berkelanjutan dan Parwisata Minat Khusus. Para mahasiswa dituntut memikirkan sebuah destinasi wisata apakah berdampak bagi lingkungan sekitar dan bertahan dalam waktu jangka panjang untuk generasi selanjutnya.

Penulis: M.Adhuha Ulumando

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!