VOKASI UNAIR

Tourism Goes To Karimunjawa and Dieng (Praktek Kuliah Lapangan)

VOKASI NEWS – Pada hari Minggu tepatnya pada tanggal 3 Juni 2022, para mahasiswa semester empat dan dua program studi D4 Destinasi Pariwisata Fakultas Vokasi Universitas Airlangga melakukan kegiatan Praktik Kuliah Lapangan (PKL). Dalam PKL ini, mahasiswa dilatih untuk mampu menghandle wisatawan langsung di lapangan.

PKL tahun ini dilakukan di dua wilayah di provinsi Jawa Tengah yaitu Karimunjawa dan Dieng selama 5 hari. Mahasiswa 2020 ditugaskan untuk membuat laporan dan project video di beberapa obyek wisata yang dikunjungi. Obyek wisata yang dikunjungi antara lain Desa Kemujan Karimunjawa, Bukit Love, Mangrove, Pulau Menjangan, Snorkeling di Taka Sendok, Candi Arjuna, Telaga Warna, dan Kawah Sikidang.

Tidak hanya menghandle wisatawan saja, mahasiswa juga diharuskan mempelajari dan memahami daerah tujuan wisata yang mereka kunjungi. Di setiap objek wisata yang dikunjungi, mahasiswa mengobservasi detailnya melalui Tourism Attraction Form sebagai laporan dari mata kuliah Kepemanduan.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa pariwisata angkatan 2021 ditunjuk sebagai panitia PKL. Mahasiswa angkatan 2020 mendapatkan kesempatan untuk berbincang dengan petinggi desa Karimunjawa dan desa Kemujan mengenai peraturan dan kebijakan desa tentang pariwisata serta lingkungan dalam mata kuliah Hukum dan Kebijakan.

Tidak heran, prodi pariwisata selalu menjadi minat mahasiswa karena proses belajar-mengajar tidak hanya di kelas saja. Namun, juga sambil jalan-jalan. Sebagai mahasiswa pariwisata kita dituntut untuk terus fokus dalam setiap laporan dan project dan tidak hanya memikirkan jalan-jalan saja.

Koordinator prodi kepariwisataan Universitas Airlangga M. Nilzam Aly S.Hum., M.Sc. menjelaskan bahwa sebagai tour planner atau tour leader sudah seharusnya untuk dapat mengetahui dan memberikan informasi yang jelas dan akurat agar wisatawan dapat melakukan aktivitas perjalanannya dengan aman dan nyaman. Setelah melakukan kegiatan praktik kuliah lapangan ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal kemampuan yang cukup untuk dapat terjun langsung kedalam pekerjaan pada sektor pariwisata nantinya.

Penulis : Patricia Aviany Z. E.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!