VOKASI UNAIR

Melihat Potensi Destinasi Wisata Karimun Jawa dan Dieng Sebagai Fokus Praktik Kuliah Lapangan Mahasiswa Pariwisata

VOKASI NEWS – Praktik Kuliah Lapangan atau PKL menjadi kegiatan yang wajib dilaksanakan setiap mahasiswa terutama mahasiswa pariwisata pada setiap semesternya. Berbeda dengan PKL pada semester sebelumnya yang dilaksanakan di daerah perkotaan, PKL semester ini dilaksanakan dengan melihat Keindahan wisata alam.Mahasiswa Prodi D4 Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga melakukan kegiatan Praktik Kuliah Lapangan pada minggu malam (03/07/2022). Dalam kegiatan ini, mahasiswa angkatan 2020 melaksanakan PKL untuk kedua kalinya sedangkan mahasiswa angkatan 2021 melaksanakan PKL untuk pertama kalinya.

Wisata alam pertama yang dikunjungi  mahasiswa pariwisata kali ini yaitu Taman Nasional Wisata Karimun Jawa. Beberapa keindahan alam yang ada di Karimunjawa benar-benar membuktikan bahwa Karimunjawa layak untuk diacungi jempol. Beberapa destinasi wisata yang banyak menarik perhatian diantarannya Bukit Hills, Mangrove Karimunjawa, Pulau Menjangan, Penangkaran Hiu, Pantai Ujung Garungan, dan masih banyak lainnya.

Sedangkan wisata alam kedua yang dikunjungi mahasiswa pariwisata yaitu Dataran Tinggi Dieng. Pada Kawasan Dataran Tinggi Dieng mahasiswa diberikan waktu untuk melakukan observasi kepada beberapa masyarakat asli dieng untuk mengenal lebih jauh mengenai ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat dieng. Selain itu, mahasiswa juga berkunjung ke salah satu wisata sejarah yang ada di kawasan dieng, yaitu Candi Arjuna.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari 4 malam ini mampu menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam dunia pariwisata baik praktik maupun cara berpikir. Kegiatan semacam ini perlu rutin dilakukan. Selain dapat mengasah kemampuan berpikir, mahasiswa juga dapat menerapkan pelaksanaan teori yang telah didapatkan secara langsung di lapangan.

Penulis : Putri Maraisa

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!