VOKASI UNAIR

Webinar Nasional ENCYST Sebagai Upaya Untuk Mengembangkan Pengetahuan Mengenai Proses P&ID di Industri

VOKASI NEWS – Seiring datangnya era revolusi industri 4.0, dunia tenaga kerja juga ikut berubah termasuk juga seorang engineer. Diperlukan skill yang lebih untuk dikuasai oleh seorang engineer di era revolusi industri 4.0. Dengan memiliki skill yang lebih dapat diterapkan di dunia industri. Salah satu proses yang ada dalam industri adalah mengenai P&ID.

Menyikapi hal tersebut, Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan Webinar Nasional ENCYST: Revolusy Development Creativity Instrumentation pada Minggu (23/10/2022) dengan mengangkat tema “Develop Your Skills in Control Systems in Industrial Environments with P&ID”.  Webinar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai proses P&ID yang ada di dunia industri sehingga bisa diterapkan di dunia industri.

Pada Webinar Nasional ENCYST menghadirkan pembicara yang sangat ahli dan berpengalaman di bidangnya yaitu Ir. Suhatri Agus (Consultant and Trainer QHSES). Beliau sudah memiliki pengalaman kerja di industri selama 30 tahun sehingga kemampuan beliau tidak bisa diragukan lagi. Antusiasme para peserta terlihat jelas melalui kehadiran pada zoom meeting sebanyak 230 peserta. Webinar ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan I yaitu Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si, beberapa dosen Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol, serta mahasiswa Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol.

Pada webinar ini, Ir. Suhatri Agus menyampaikan mengenai konsep P&ID yang ada di dunia industri. P&ID atau (Piping and Instrumentation Diagram) merupakan ilustrasi skematik yang berfungsi mendetail hubungan fungsional  pada sistem perpipaan, instrumen, dan komponen peralatan  pabrik. P&ID menjadi salah satu jantung atau inti dari jalur informasi penting mengenai komponen, mulai dari desain, konstruksi, dan operasional.

Dengan adanya webinar ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan skill peserta mengenai proses P&ID yang ada di industri sehingga bisa diterapkan dalam dunia kerja. Acara ini juga menjadi langkah branding Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Penulis: Sasmita Dwi Ananta

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!