VOKASI UNAIR

Coaching of PKM 2022; Pelatihan Kepenulisan PKM kepada mahasiswa Baru D-III Sistem Informasi

VOKASI NEWS – Coaching Of PKM merupakan salah satu program kerja HIMA D3 Sistem Informasi  Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Pada tahun 2022 ini menjadi tahun ke-3  diselenggarakannya Coaching Of PKM yang mengusung tema “Membangkitkan Jiwa Kreatif  dan Inovatif Mahasiswa Dalam Berkarya Melalui PKM”. Kegiatan ini berupa webinar online  menggunakan platform zoom meeting yang bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai  PKM kepada mahasiswa baru, mendorong mahasiswa baru untuk berinovasi melalui PKM, dan  memberikan wawasan informasi kepenulisan PKM yang baik dan benar kepada mahasiswa  baru Program Studi D3 Sistem Informasi. 

Gambar dokumentasi CPKM 2022 

(Foto: Rifky Mahdiyah Ferrari) 

CPKM 2022 memberikan wadah kepada mahasiswa baru Prodi D3 Sistem Informasi  supaya mengenal apa itu PKM, bagaimana membuat PKM yang baik serta benar, dan  memberikan tips seputar kepenulisan pkm yang disampaikan narasumber. Harapannya setelah  diadakan webinar Coaching Of PKM 2022 dapat memberikan bekal yang serius dalam  menindaklanjuti kepenulisan PKM 2022 dan supaya mahasiswa baru D3 Sistem Informasi  dapat membuat proposal PKM lalu didanai dan dapat lolos sampai ke PIMNAS.

Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Oktober 2022. Dimulai dengan persiapan  panitia dari jam 08.00-08.30 WIB, setelah itu peserta diizinkan masuk ke main room zoom  meeting dan melakukan absensi peserta yang telah dibagikan pada chat zoom. Kemudian  acara pada pukul 08.45 WIB oleh MC bernama Zahwa Finti Azizah yang merupakan  mahasiswa Program Studi D3 Sistem Informasi angkatan 2021, pembukaan diawali dengan  doa dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga. Lalu dilanjutkan  sambutan oleh ketua pelaksana Coaching Of PKM 2022 yaitu Indah Narendra Dwi. Selain itu  CPKM 2022 ini dihadiri dan diberi sambutan oleh Ibu Tesa Eranti Putri,S.Kom.,M.Kom.  selaku Pembina HIMA D3 Sistem Informasi dan Ibu Dr. Tika Widiastuti,SE.,M.Si. selaku  Wakil Dekan I Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.  

Wakil Dekan I Fakultas Vokasi Universitas Airlangga saat memberi sambutan 

(Foto: Rizqi Nur Fadhilah)

Selanjutnya acara diambil alih oleh moderator Shabrina Alya Salmalindra yang  merupakan mahasiswa Program Studi D3 Sistem Informasi angkatan 2021, dengan semangatnya moderator memperkenalkan pembicara yang luar biasa dan memiliki beberapa  pengalaman serta prestasi menjadi juara di PIMNAS ke-34 yaitu kak Ardelia Bertha Prastika.  Dalam CPKM 2022 ini pembicara menyampaikan materi mulai dari pengenalan PKM dan jenis-jenisnya, tujuan PKM, manfaat dari mengikuti PKM, memberikan contoh PKM yang  juara di tingkat PIMNAS, dan memberikan tips tentang penyusunan proposal hingga lolos  PIMNAS. 

Kak Ardel saat memberikan materi  

(Foto: Rizqi Nur Fadhilah)

Setelah pemaparan materi oleh pembicara telah selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya  jawab yang dipandu oleh moderator. Peserta terlihat antusias mengikuti sesi diskusi pada acara  Webinar Coaching Of PKM ini. Kemudian setelah 20 menit melakukan sesi tanya jawab,  terdapat penyerahan e-sertifikat kepada pembicara sebagai bentuk penghargaan. Setelah itu  penutupan moderator dan dikembalikan ke MC untuk memasuki sesi games kahoot. Di Akhir  acara dilakukan sesi dokumentasi atau foto bersama secara daring, dilanjutkan dengan absensi  peserta. Kemudian acara Webinar Coaching Of PKM 2022 ditutup oleh MC.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!