VOKASI UNAIR

Kemeriahan Hari Kanker Dunia 2023: Mari Kita Cegah Penyakit Kanker dengan CERDIK

VOKASI NEWS – Tanggal 4 Februari ditetapkan sebagai Hari kanker Dunia atau World Cancer Day. Hari ini (05/02/2023) Program Studi D3 Keperawatan, HIMA D3 Keperawatan, serta Ikatan Alumni Vokasi (IKAVO) Universitas Airlangga berpartisipasi dalam Hari Kanker Sedunia bersama Pemkab Lamongan, Dinkes Lamongan dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Lamongan. Kegiatan tersebut diadakan di Alun-Alun Kabupaten Lamongan.

Rangkaian acara tersebut, meliputi:

  1. Edukasi dan Sosialisasi Kanker dan Pencegahannya Kepada Masyarakat
  2. Jalan Sehat di Sekitar Alun-Alun bertepatan dengan Minggu Ceria (MINCE)
  3. Kolaborasi HIMA D3 Keperawatab dan Dinas Kesehatan Lamongan

Ketua YKI Cab. Lamongan, Hj. Anis Yuhronor Efendi, S.Kep., Ns. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kasus kanker di Indonesia kian bertambah. Saat ini terdapat 396.914 kasus dengan angka kematian sangati tinggi mencapai 234.511 orang, sedangkan di wilayah Kab. Lamongan menyentuh angka 2.674 orang pertahun 2022.

Perubahan pola hidup yang tidak teratur seperi pola makan dengan gizi tidak seimbang, kurang mengkonsumsi buah dan sayuran, tidak berolahraga, merokok, minuman beralkohol, dan lingkungan tidak sehat menjadi pemicu munculnya kanker di sekitar kita.

“Dihimbau kepada masyarakat untuk melakukan untuk melakukan deteksi dini dengan skrining dan cek berkala, melakukan test IVA di Fasyankes terdekat dan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Untuk mencegahnya hal tesebut, maka diharapkan melaksanakan pola hidup sehat dengan menghindari faktor-faktor pemicu,” sebut Ibu Bupati Lamongan.

Sejalan dengan sambutan Ketua YKI Cab. Lamongan, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lamongan, Dr. Taufik Hidayat memberi ucapan selamat memperingati Hari Kanker Dunia.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan kepedulian individu untuk mencegah dan mengendalikan kanker. Lalu, beliau juga mendukung upaya pencegahan kanker di Kab. Lamongan yang di dalamnya termasuk adalah sinergisitas dengan Prodi D3 Keperawatan FV UNAIR sebagai stakeholder dan mitra. Ungkapan terima kasih turut disampaikan atas kerjasamanya dengan menurunkan 2 kompi mahasiswa, dosen, dan alumni serta rangkaian kegiatan lain yang memeriahkan Hari Kanker Dunia.

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!