VOKASI UNAIR

Cegah Kanker Dengan Perilaku Cerdik

VOKASI NEWS – Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, Fakultas Vokasi menyelenggarakan penyuluhan kesehatan dengan narasumber dari Lembaga Kanker Indonesia 2023 di Aula Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Acara ini berlangsung hari Kamis, 09 Februari 2023 yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada dosen, tendik, dan mahasiswa fakultas vokasi mengenai kanker mulai dari gejala, deteksi dini hingga penanganannya.

Acara penyuluhan kesehatan diawali dengan sambutan dari Dr. Tika Widiastuti, S.E,. M.Si selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang memiliki tingkat risiko kematian tertinggi di Indonesia. Sehingga perlu perhatian khusus terkait penanganannya.

Setelah sambutan, acara dilanjut dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Yoppi Yeremia Alexander dari Lembaga Kanker Indonesia. Beliau memaparkan bahwa kanker dapat terjadi dikarenakan adanya pertumbuhan sel di dalam tubuh secara tidak normal. Untuk mencegah penyakit kanker, kita dapat melakukannya dengan 2 cara yaitu perilaku CERDIK dan Suntik vaksin HPV. Adapun perilaku CERDIK tersebut yaitu

  1. Cek kesehatan secara rutin
  2. Enyahkan asap Rokok
  3. Rajin Aktivitas Fisik
  4. Diet Seimbang
  5. Istirahat Cukup
  6. Kelola Stress

Bapak Yoppi juga menyampaikan bahwa kanker dapat diobati dengan cara konvensional dan tradisional. Pengobatan kanker secara konvensional dapat dilakukan dengan cara kemoterapi dan radiasi, sedangkan cara tradisional dengan tumbuh-tumbuhan yang mendandung RIP (Ribosom Inacting Protein). Sirsak dan temu putih adalah contoh tumbuhan yang bisa digunakan untuk pengobatan.

Penulis : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!