VOKASI UNAIR

Peringati Bulan K3 Nasional, HIMA K3 Gelar Webinar Penerapan Aspek Ergonomi di Industri dan UMKM

VOKASI NEWS – (12/02/2023) Himpunan Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga mengadakan acara Webinar Bulan K3 Nasional. Acara ini mengusung topik “Penerapan Aspek Ergonomi pada Setiap Industri dan UMKM untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja”. Lebih dari 400 peserta hadir dalam acara ini, mulai mahasiswa, dosen, hingga praktisi K3. Rangkaian acara mengupas tuntas mengenai aspek ergonomi yang sangat berguna khususnya bagi para pekerja di UMKM atau industri.

Ibu Ratih Damayanti, S.KM., M.Kes selaku Koordinator Program Studi K3 memberikan sambutan di awal acara dan menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk memperingati Bulan K3 Nasional dan Dies Natalis yang pertama D4 K3. Di sela-sela sambutan beliau mengatakan bahwa terdapat 2 bahaya di tempat kerja. Bahaya tersebut meliputi bahaya keselamatan dan Kesehatan. Ergonomic adalah salah satu bahaya kesehatan yang perlu diperhatikan karena berpengaruh terhadap kejadian PAK dan kenyamanan pekerja. Apabila pekerja merasa nyaman, maka produkstivitas kerja meningkat. Hal tersebut sejalan dengan sambutan dari Dr. Tika Widiastuti. S,E,.M.Si selaku Wakil Dekan I Fakultas Vokasi bahwa tema webinar sangat relate dengan industry saat ini. Masih banyak industri atau employer yang kurang aware terkait tata kerja, pengelolaan kerja, lingkungan kerja yang mendukung kenyamanan dan keselamatan bagi pekerja. Industri harus memperhatikan berbagai macam potensi risiko yang mampu menimbulkan bahaya baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Materi mengenai ergonomi dikupas tuntas oleh Prof. Dr. Ir Eko Nurmianto, M.Eng.Sc, DERT. Beliau menjelaskan bahwa terdapat 7 prinsip aspek ergonomi yang meliputi physical ergonomics, cognitive ergonomics, physiological principles, workload principles, indoor climate and thermal comfort, sound and lighting. Beliau memberikan contoh penerapan aspek ergonomic di industry dan UMKM salah satunya desain ergonomic produk alat asap ikan UMKM Perikanan di Pesisir Jawa Timur (Lamongan, Gresik dan Pasuruan). Industry tersebut awalnya menggunakan pengasapan tradisional yang sangat mengganggu pernapasan dan gerak pekerja. Dan saat ini, industry tersebut menerapkan rancang bangun alat pengasap ikan On Motorcycle yang Mobile, portable dan ergonomis. Penggunaan pemanfaatan kendaraan bermotor sebagai upaya menciptakan alat pengasapan ikan yang yang mobile, portable, dan ramah lingkungan.

Peserta webinar sangat aktif mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan materi yang telah disampaikan. Terselenggaranya webinar ini merupakan wujud upaya HIMA K3 untuk memperkuat implementasi budaya K3 khususnya ilmu ergonomi sehingga terciptanya lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan sehat.

Penulis : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!