VOKASI UNAIR

Kunjungan K3 2021 Ke Sekolah Dasar Dalam Rangka Pembentukan Motivasi Berbudaya K3

VOKASI NEWS – Project Based Learning (PJBL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang melibatkan seluruh mahasiswa dalam sebuah kegiatan atau proyek diluar kampus. Keterlibatan mahasiswa ini mulai dari perencanaan, perancangan, pelaksanaan hingga pelaporan kegiatan. Berkenaan dengan metode pembelajaran tersebut, mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Vokasi Universitas Airlangga melaksanakan kunjungan ke Sekolah Dasar dalam rangka implementasi mata kuliah Psikologi Industri. Kegiatan ini digelar guna mengedukasi dan menumbuhkan motivasi siswa SDN Karah 01 dan SDN Kertajaya 01 mengenai perilaku budaya K3 dikehidupan sehari – hari dan pengimplementasiannya. Contoh edukasi seperti penerapan 5R di lingkungan sekolah dan pentingnya personal hygiene mengenai kebersihan gigi. Tujuan lain kegiatan ini yaitu mengenalkan kepada masyarakat mengenai program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Program PJBL (Project Based Learning)

Program PJBL (Project Based Learning) ini dilaksanakan pada hari Kamis, 09 Maret 2023 di SDN Karah 01 Surabaya dan hari Jum’at, 10 Maret di SDN Kertajaya 01. Pada pelaksanaan kegiatan di SDN Karah 01 dilakukan oleh seluruh Kelas Surabaya K3 2021. Sedangkan untuk kegiatan di SDN Kertajaya 01 dilaksanakan oleh seluruh Kelas Gresik K3 2021. Kegiatan sosialisasi ini dibagi menjadi beberapa kelompok dengan sub tema yang berbeda untuk setiap kelasnya. Sosialisasi dilakukan secara interaktif dengan mengajak siswa untuk selalu aktif dalam pemaparan materi supaya tidak memberikan efek bosan. Materi disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga siswa mudah menangkap materi terkait perilaku budaya K3 di kehidupan sehari – hari khususnya lingkungan sekolah.

Di akhir pemaparan materi, dilakukan post test untuk mengetahui tingkat pemahaman materi siswa setelah dilakukannya sosialisasi. Siswa yang yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan tercepat akan diberikan reward dari panitia sebagai bentuk apresiasi dan menambah semangat siswa yang lain dalam menerapkan budaya K3 dalam kehidupan sehari – hari. Selain itu, juga diadakan games untuk mencairkan suasana setelah pemaparan materi. Di akhir acara, diadakan pembagian snack untuk semua siswa sebagai rasa terimakasih karena telah meluangkan waktu dan mendengarkan pemaparan materi tersebut. Harapan dari kegiatan ini, pengetahuan dan pemahaman siswa SDN Karah 01 dan SDN Kertajaya 01 terkait perilaku budaya K3 dan implementasinya di kehidupan sehari – hari dapat meningkat.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!