VOKASI UNAIR

Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Kala Ramadhan

VOKASI NEWS – Bulan suci Ramadhan adalah waktu yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai waktu untuk meningkatkan ketakwaan beribadah, Bulan Ramadhan juga seringkali dianggap sebagai waktu untuk membersihkan diri secara spiritual maupun fisik. Namun, menjaga kesehatan fisik di bulan Ramadhan bukanlah hal yang mudah, terutama karena pola makan serta aktivitas berubah secara signifikan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan mental dan tubuh saat bulan ramadhan .

1.Pilih makanan yang sehat dan bergizi

Pola makan selama Ramadhan berbeda dengan pola makan di luar Ramadhan. Anda hanya bisa makan dua kali dalam sehari, yaitu saat sahur dan berbuka. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih makanan yang sehat dan bergizi untuk memastikan tubuh tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Pilihlah makanan yang mengandung serat, protein, karbohidrat, dan lemak sehat, serta hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh.

2. Konsumsi cukup air

Konsumsi air yang cukup sangat penting dalam menjaga kesehatan selama Ramadhan. Pastikan Anda minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari, terutama saat sahur dan berbuka. Hal ini akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu memperlancar proses pencernaan.

3. Hindari makanan yang pedas dan berlemak

Makanan pedas dan berlemak dapat menyebabkan masalah pencernaan dan meningkatkan risiko dehidrasi. Hindari makanan yang pedas dan berlemak saat sahur dan berbuka untuk menghindari gangguan pencernaan dan menjaga tubuh tetap sehat.

4. Jangan lewatkan sahur

Sahur adalah waktu yang sangat penting untuk menjaga kesehatan selama Ramadhan. Jangan lewatkan sahur, karena ini akan memberi energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Pilihlah makanan yang ringan dan sehat, seperti buah-buahan, roti gandum, atau oatmeal.

5. Olahraga ringan

Olahraga ringan dapat membantu menjaga kesehatan selama Ramadhan. Pilihlah olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging dan hindari olahraga yang berat atau intensif saat sedang berpuasa.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan selama Ramadhan. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malamnya untuk memulihkan energi dan menjaga kesehatan fisik dan mental.

7. Lakukan Aktivitas Sosial

Melakukan aktivitas sosial pada bulan ramadhan tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh dan juga spiritual. Dengan aktivitas sosial seperti berbagi takjil, secara tidak langsung kita melakukan aktivitas tubuh yakni bergerak dan melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi sesama yakni berbagi takjil.

Penulis : Ravindra Reza Maulana

Editor : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!