VOKASI UNAIR

Unseen But Essential

VOKASI NEWS – Jarang dilihat namun sebuah profesi yang sangat krusial. Teknologi Laboratorium Medik, disingkat TLM merupakan program studi bidang kesehatan yang nantinya melahirkan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) atau analis. Mungkin masyarakat jarang atau bahkan tidak pernah mendengar istilah Analis Medik, Analis Kesehatan, maupun Teknologi Laboratorium Medik karena ATLM keseringan bekerja dibalik layar sehingga jarang bertemu pasien. Padahal, ATLM lah yang melakukan pemeriksaan sampel pasien seperti darah, urin, feses, bahkan jaringan tubuh.

Pemeriksaan laboratorium dilakukan oleh ATLM untuk menegakkan diagnosis pasien sehingga dapat menentukan cara penyembuhan tepat. Bayangkan jika Anda mendapatkan diagnosis penyakit yang salah. Pasti penyembuhannya juga salah. Peran ATLM sangat penting untuk validasi keluhan pasien. Dari keluhan pasien, dokter akan merujuk pemeriksaan laboratorium yang sesuai, untuk memastikan biang kerok dari keluhan yang diderita oleh pasien.

TLM termasuk pendidikan vokasi karena dibutuhkan tenaga yang handal dalam melakukan pemeriksaan laboratorium. Dibutuhkan hardskill yang nyata dan hands-on experience untuk menjadi seorang ATLM yang profesional. Berbeda dengan pendidikan sarjana, vokasi lebih memfokuskan dalam pengembangan keterampilan, dilihat dari presentase praktikum yang lebih besar daripada teori. Sering dipandang sebelah mata namun ternyata handal, itulah vokasi. Lulusan vokasi, terutama TLM akan lebih berguna di masyarakat karena melahirkan orang-orang yang tidak hanya pintar, namun juga terampil.

Penulis : Zalfa Catur Kurnia

Editor : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!