VOKASI UNAIR

Pembentukan Program D4 Manajemen Perkantoran Digital di UNSOED: Kolaborasi dengan Ahli dari UNAIR untuk Lingkungan Belajar yang Dinamis

VOKASI NEWS – Pada tanggal 9 Maret 2023, UNSOED (Universitas Jendral Soedirman) mengundang salah satu dosen Manajemen Perkantoran Digital dari Universitas Airlangga, Dr. Rahmat Yuliawan, SE., MM., CHRM., CPM., untuk menjadi pembicara dalam rangka pembentukan program D4 Manajemen Perkantoran Digital di UNSOED. Hal ini dilakukan karena saat ini hanya terdapat satu program Manajemen Perkantoran di UNAIR, sehingga UNSOED ingin mengadopsi program tersebut dan memperkayanya dengan kolaborasi dengan ahli dari UNAIR.

“Banyak hal yang saya dapatkan selain kita berbagi saat berkunjung kesana,” ucap Dosen Manajemen Perkantoran Digital UNAIR.

Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Kala Ramadan

Menurut Dr. Rahmat Yuliawan, kunjungannya ke UNSOED tidak hanya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang Manajemen Perkantoran Digital, tetapi juga untuk memperkuat lingkungan belajar yang dinamis di UNSOED. Salah satu upaya yang dilakukan oleh UNSOED adalah dengan menyediakan berbagai macam laboratorium terpadu yang berfungsi sebagai penunjang pelaksanaan tugas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di fakultas.

Laboratorium Terpadu

Di UNSOED, terdapat berbagai macam laboratorium seperti laboratorium kewirausahaan, laboratorium pemasaran, laboratorium perkantoran, dan laboratorium kepemimpinan. Laboratorium kewirausahaan, misalnya, memiliki kegiatan aktif setiap bulan yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen. Selain itu, mereka juga memiliki agenda tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang bekerja sama dengan dosen.

Laboratorium pemasaran di UNSOED bekerja sama dengan market place dan didukung oleh beberapa perusahaan untuk memperoleh data yang cukup untuk kegiatan penelitian. Sementara itu, laboratorium perkantoran di UNSOED dan UNAIR memiliki banyak ide yang muncul dari antara mahasiswa dan dosen, sehingga memudahkan mereka dalam meresalisasikan ide-ide kreatif untuk diterapkan.

Laboratorium kepemimpinan di UNSOED bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan dan mencari calon-calon pemimpin yang baru. Laboratorium-laboratorium tersebut berasal dari inisiatif mahasiswa serta dosen yang kemudian dikelola serta dikembangkan.

Harapan dari pembentukan program D4 Manajemen Perkantoran Digital di UNSOED adalah agar mahasiswa dan dosen dapat memberikan inisiatif yang terus-menerus untuk dikembangkan, sehingga dapat memperkaya lingkungan belajar yang dinamis di UNSOED. Kolaborasi antara ahli dari UNAIR dan UNSOED diharapkan dapat memberikan ide-ide kreatif yang dapat diimplementasikan demi menunjang prestasi kedepannya.

Penulis : Rahmania Izza (D4 Manajemen Perkantoran Digital)

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!