VOKASI UNAIR

BEM VOKASI UNAIR JALIN SINERGITAS BERSAMA BEM VOKASI ITS

VOKASI NEWS – Untuk membangun sinergitas antar organisasi mahasiswa universitas, BEM VOKASI UNAIR bersama BEM VOKASI ITS mengadakan kegiatan benchmarking.

Pengertian Studi Banding

Studi banding atau yang biasa disebut dengan benchmarking merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat untuk perkembangan masing-masing organisasi. Dalam kegiatan ini, dilakukan berbagai macam aktivitas seperti pemaparan grand design, benchmarking setiap departemen/kementerian, games, hingga buka puasa bersama. Kegiatan ini sangat penting karena dapat membantu organisasi dalam membangun hubungan baik dan berkelanjutan dengan organisasi lain. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi evaluasi bagi program kerja yang telah dilakukan dan memberikan kesempatan untuk mengembangkan inovasi baru.

Baca juga artikel tentang BEM Vokasi UNAIR

Kementerian Luar Negeri dan BEM Vokasi Unair telah melakukan kegiatan studi banding pertama kali bersama BEM Vokasi ITS pada Sabtu, 25 Maret 2023 di Kampus ITS Manyar. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota departemen/kementerian dari kedua organisasi, termasuk masing-masing Presiden BEM. Meskipun dilaksanakan pada bulan puasa, semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan tidak berkurang.

Rangkaian Kegiatan Studi Banding

Kegiatan studi banding ini diawali dengan sambutan dan pemaparan grand design masing-masing organisasi. Pemaparan grand design ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai program kerja yang telah dilaksanakan oleh masing-masing organisasi serta rencana program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya. Selanjutnya, dilakukan benchmarking setiap departemen/kementerian dari kedua organisasi. Benchmarking ini dilakukan dengan tujuan untuk membandingkan kinerja masing-masing departemen/kementerian dan saling berbagi pengalaman serta solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Selain itu, dalam kegiatan studi banding ini juga dilakukan berbagai macam games sebagai hiburan. Games yang dilakukan tidak hanya bertujuan untuk menghibur peserta, namun juga untuk mempererat tali persahabatan antar peserta. Kegiatan ini diakhiri dengan buka puasa bersama, yang diharapkan dapat meningkatkan kebersamaan dan kekompakan antar peserta.

Kesimpulan

Kegiatan studi banding sangat penting dilakukan karena organisasi akan mendapatkan manfaat besar dari adanya pertukaran informasi, pengalaman, sinergitas antar organisasi dan solusi yang dapat membantu meningkatkan kinerja organisasi tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu organisasi dalam membangun hubungan baik dan berkelanjutan dengan organisasi lain. Oleh karena itu, kegiatan studi banding harus terus dilakukan dan ditingkatkan agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi organisasi dan lingkungan sekitarnya.

Penulis: Arninda Oktaviani (D3 Bahasa Inggris)

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!